Jumat, 19 Juli 2019 | 07:21 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Angkutan Darat
Rabu, 03 Juni 2015 15:27

MRT Jakarta Tandatangani Kontrak Railway Systems

Pekerja melakukan aktivitas pembangunan MRT. (ANTARA | MUHAMMAD ADIMAJA)

JAKARTA - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menandatangani kontrak paket CP-107 untuk Railway Systems dan Trackwork proyek MRT di Jakarta dengan Metro One Consortium.

"Dengan ditandatanganinya kontrak CP-107 ini, artinya keseluruhan paket kontrak proyek MRT Jakarta fase pertama koridor selatan-utara sudah lengkap," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami di Jakarta, Kamis.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Dono Boestami selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta dan empat orang yang mewakili masing-masing perusahaan yang tergabung dalam Metro One Consortium, yaitu Tetsu Ikeda dari Mitsui & Co., Ltd., Haruo Nagamatsu dari Toyo Engineering Corporation, Kazuto Morisaki dari Kobe Steel, Ltd. dan Bambang Prasetyo dari PT Inti Karya Persada Tehnik.

Menurut dia, setelah kontrak paket tersebut ditandatangani, maka selanjutnya diharapkan manajemen dapat berkonsentrasi untuk memastikan proyek pembangunan MRT di ibukota berlangsung tepat waktu. "Metro One Consortium nantinya harus menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu 185 minggu termasuk trial run yang terhitung sejak commencement date," ujar Dono.

Dia menuturkan besaran nilai kontrak CP-107 adalah 15.762.000.007 yen atau setara dengan Rp1.288.325.505.929. Total nilai kontrak CP-107 adalah gabungan dari dua nilai mata uang, yakni Yen dan Rupiah. "Dua perhitungan nilai kontrak ini diberlakukan karena terdapat beberapa pekerjaan yang dibayarkan melalui nilai Rupiah dan pekerjaan lainnya dibayarkan dalam nilai Yen," tutur Dono.

Ia mengungkapkan paket pekerjaan CP-107 meliputi Railway Systems dan Trackwork yang merupakan prasarana perkeretaapian yang terdiri dari sepuluh item pekerjaan. Sepuluh pekerjaan itu antara lain Substation Systems, Overhead Contact Systems, Power Distribution Systems, Signaling Systems, Telecommunication Systems, Facility SCADA, Automatic Fare Collection Systems, Platform Screen Doors, Escalator and Elevator dan Trackwork.

Sebagai informasi, pekerjaan konstruksi proyek MRT Jakarta fase pertama koridor selatan-utara terdiri dari delapan paket pekerjaan proyek MRT, yaitu Paket Konstruksi Layang (Elevated Section) yang terdiri dari paket CP-101, CP-102, dan CP-103; Paket Konstruksi Bawah Tanah (Underground Section) yang terdiri dari paket CP-104, CP-105 dan CP-106, serta Paket Railway Systems and Trackwork untuk paket CP-107 dan Paket Rolling Stock (Kereta) untuk paket CP-108.

Sumber: Harian Nasional

  (adm/adm)


Komentar