Sabtu, 30 Mei 2020 | 03:50 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Senin, 01 Juni 2015 20:37

Galangan Kapal Akhirnya Peroleh Insentif

Translog Today
Galangan kapal (bumn.go.id)

JAKARTA - Tuntutan industri galangan kapal untuk mendapatkan insentif akhirnya dipenuhi pemerintah sejalan dengan visi kemaritiman Presiden Joko Widodo.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengungkapkan pemberian insentif kepada galangan kapal dilakukan dengan membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan bea masuk ditanggung pemerintah.

Selain itu, pemerintah akan mempermudah restitusi dengan memberikan tax allowance dan PPh kepada setiap industri galangan kapal. Pemerintah juga akan memberikan insentif non fiskal seperti mengurangi biaya sewa lahan untuk industri galangan kapal.

"Kita juga akan memberikan dukungan teknologi untuk desain kapal di Ship Design Center yang ada di Surabaya," ungkap Indroyono saat ditemui di Gedung Kementerian Perdagangan Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Menurut dia, insentif ini akan diberikan kepada semua industri galangan kapal di Indonesia tanpa terkecuali.

"Semua galangan kapal akan mendapatkan insentif ini, semuanya bisa mengusulkan mana saja yang bebas PPn. Kalau misalnya mereka impor ada bea masuknya, nanti restitusi dikembalikan secepatnya sekitar satu bulan," kata Indroyono. (hlz/hlz)


Komentar