Sabtu, 17 November 2018 | 23:49 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Bea Cukai
Minggu, 14 Juni 2015 17:35

KPU Bea Cukai Tanjung Priok Apresiasi Perusahaan Jalur MITA Terbaik

Translog Today
Pemberian penghargaan kepada perusahaan MITA terbaik (KPU Bea Cukai Tanjung Priok)

JAKARTA - KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok mengadakan evaluasi perusahaan jalur MITA untuk semester I/2015, sekaligus mensosialisasikan penerapan Authorized Economic Operator (AEO) mulai tahun ini.

Kepala KPU Tanjung Priok Fadjar Donny mengatakan kegiatan tersebut merupakan sarana bagi Bea Cukai untuk menyampaikan evaluasi kegiatan importasi dalam 6 bulan terakhir, sekaligus ajang silaturahmi dengan perusahaan MITA.

"Dari hasil evaluasi, kita mengetahui mana [perusahaan] yang patuh. mana yang normal, dan mana yang belum patuh. Kami tidak segan memberikan penghargaan bagi importir dengan berkinerja terbaik" katanya seperti dikutip dari situs resmi KPU Tanjung Priok, Kamis (11/6/2015).

Fajdar mengatakan dalam menunjang kegiatan kepabeanan, Bea Cukai memberikan beberapa kemudahan, termasuk bagi MITA. "Untuk tahun ini akan AEO. Kami berharap perusahaan yang sudah menjadi MITA prioritas bisa dinaikkan grade-nya ikut dalam AEO," ujarnya.

Dia mengungkapkan untuk mempermudah pengurusan perizinan dari instansi pemerintah dalam pre-customs clearance, telah dibentuk P3IET jika suatu saat terjadi masalah terkait dengan INSW (Indonesia Single Window).

"Jika kemarin harus datang ke instansi terkait untuk mengurus perizinan, sekarang datang saja ke P3IET untuk pengurusannya, di situ sudah ada 9 instansi yang menerbitakan perizinan dalam rangka proses kepabeanan" ujarnya.

Dalam kesempatan itu, KPU Tanjung Priok memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan jalur MITA berkinerja terbaik, khususnya yang berkontribusi dalam menurunkan dwelling time.

Untuk Jalur MITA Prioritas, perusahaan yang mendapatkan penghargaan yakni:

1. PT Astra Daihatsu Motor
2. PT Fajar Surya Wisesa
3. PT Isuzu Astra Motor Indonesia
4. PT Indo Barat Rayon

Adapun untuk Jalur MITA non-Prioritas dengan kategori Pemanfaatan Fasiltas Pre-Notification:

1. PT Uni-Charm Indonesia
2. PT Kahatex
3. PT Krama Yudha Tiga Berlian (hlz/hlz)


Komentar