Sabtu, 30 Mei 2020 | 01:49 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Kamis, 18 Juni 2015 22:27
Pengadaan kapal di Kemenhub

Galangan Nasional Siap Bangun Kapal Patroli

Hery Lazuardi
Galangan Kapal Nasional siap Bangun Kapal Patroli Kemenhub (bumn.go.id)

Jakarta - Industri galangan kapal nasional siap menyerap 71 unit kapal patroli yang akan dibangun oleh Kementerian Perhubungan, c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam rangka memperkuat keamanan laut.

Menurut rencana, Kementerian Perhubungan akan membuka tender pengadaan pembangunan kapal patroli tersebut mulai bulan ini. Tender dibuka secara umum melalui situs resmi Kementerian tersebut.

Eddy Kurniawan Logam, Ketua Umum Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) mengatakan pelaku usaha galangan kapal nasional siap menyerap pembangunan kapal patroli tersebut.

Dia menjelaskan galangan kapal nasional mengharapkan tender pengadaan kapal tersebut tidak memberikan kesempatan kepada  luar negeri mengingat kemampuan galangan nasional sudah mumpuni untuk membangun kapal jenis tersebut.

"Kami mengharapkan pengadaan kapal patroli yang menggunakan anggaran negara ini, seluruhnya diserap oleh perusahaan galangan kapal nasional, tidak ada yang lepas ke luar negeri," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Perhubungan akan melelang pembangunan kapal patroli mulai bulan ini. Kapal-kapal patroli tersebut dibagi ke dalam lima kelas.

Kelas I sebanyak 25 unit, kelas II sebanyak 5 unit, kelas III dan IV masing-masing sebanyak 2 dan 8 unit, sedangkan kepas IV dan V masing-masing sebanyak 6 dan 25 unit. (hlz/hlz)


Komentar