Kamis, 14 November 2019 | 18:38 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Land Transport
Senin, 22 Juni 2015 13:14

187 Kapal Siap Layani Pemudik di 8 Lintas Penyeberangan Utama

Hery Lazuardi

JAKARTA - Sebanyak 187 kapal ro-ro siap melayani angkutan mudik di 8 lintasan penyeberangan utama selama masa Lebaran tahun ini, lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kapal tahun lalu 174 unit.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengungkapkan kesiapan angkutan penyeberangan itu saat Konferensi Pers Kesiapan Pemerintah di Bulan Ramadhan dan Penjelasan Hari Raya Idul Fitri 2015 di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat (19/6/2015).

Dia memastikan bahwa kapal-kapal yang akan beroperasi selama musim angkutan Lebaran tersebut layak berlayar. "Kami selalu mendapatkan laporan docking masing-masing kapal. Karena jika tidak memenuhi persyaratan,kapal tersebut tidak diperbolehkan beroperasi," katanya.

Pada masa Lebaran 2015, sekitar 3,7 juta orang diperkirakan menggunakan kapal ro-ro di 8 lintasan penyeberangan utama. Jumlah ini meningkat 3,58% dibandingkan dengan tahun sebelumnya 3,6 juta orang.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah mengeluarkan instruksi kepada para pemilik kapal untuk menyelesaikan docking sebelum masa angkutan Lebaran tahun ini. Pasalnya, kapal yang boleh beroperasi pada masa angkutan Lebaran harus benar-benar layak operasi.

Selain itu, perusahaan penyeberangan diinstruksikan menyiapkan kapal cadangan di beberapa pelabuhan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan penumpang di luar dugaan atau sebagai pengganti apabila ada kapal yang mengalami masalah.

‘'Kapal-kapal penyeberangan sudah siap 100% untuk dioperasikan pada masa angkutan mudik Lebaran. Saya sudah minta kepada pemilik kapal tidak docking pada masa itu. Bahkan ada beberapa kapal yang dipercepat docking-nya,'' kata Eddy Gunawan Direktur Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Kemenhub juga telah melakukan rapat koordinasi terkait dengan pelayanan angkutan Lebaran dengan para pemangku kebijakan di lintasan Merak Bakauheuni. Fokus bahasan adalah berbagai persiapan mulai dari kesiapan pelabuhan, dermaga, kapal hingga fasilitas pendukung lainnya.

Untuk angkutan Lebaran tahun ini, sebanyak 53 kapal dinyatakan sudah siap melayani penyeberangan di lintasan Merak Bakauheuni.

‘'Dengan manajemen traffic yang bagus dipastikan tidak akan terjadi penumpukan orang, kendaraan roda dua maupun empat di pelabuhan dan kekosongan kapal di dermaga,'' kata Eddy. (hlz/hlz)


Komentar