Kamis, 22 Agustus 2019 | 18:04 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Ekspor-Impor
Kamis, 25 Juni 2015 21:32

Perdagangan RI-Vietnam Ditargetkan US$10 Miliar pada 2018

Hery Lazuardi
(setkab.go.id)

JAKARTA - Nilai perdagangan antara Indonesia dan Vietnam ditargetkan mencapai US$10 miliar pada 2018, menyusul telah tercapainya target perdagangan bilateral 2015 sebesar US$5 miliar pada 2013.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyebutkan kerja sama di bidang ekonomi kedua negara sangat menonjol sejak strategic partnership pada 2013, antara lain terbukti dengan nilai perdagangan Indonesia-Vietnam yang sudah mencapai US$5 miliar pada tahun tersebut.

"Sebenarnya target US$5 miliar ini adalah target untuk 2015, tapi sudah dapat dicapai oleh kedua negara 2 tahun lebih awal. Karena itu, sekarang kedua negara memiliki target berikutnya yaitu pencapaian perdagangan bilateral sebesar US$10 miliar pada 2018," jelas Retno di Istana Merdeka, Kamis (25/6/2015).

Retno bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Perdana Menteri Vietnam Pham Binh Minh didampingi Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Nguyen Xuan Thuy.

Pertemuan itu membahas beberapa hal, di antaranya terkait perayaan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Menurut Menlu, investasi Indonesia di Vietnam juga cukup banyak dan Indonesia merupakan investor ke-27 terbesar di Vietnam.

"Tadi pada saat pertemuan dengan Presiden, Indonesia menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang diberikan oleh pemerintah Vietnam dalam rangka membantu investor Indonesia yang berinvestasi di Vietnam," jelas Retno.

Mengenai kerja sama politik kedua negara, menurut Menlu, tidak ada masalah yang menonjol, dan kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama people to people contact.
(hlz/hlz)


Komentar