Jumat, 15 Desember 2017 | 03:47 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Logistik / Inovasi
Selasa, 21 Juli 2015 12:49

Truk Masa Depan Bisa Menghindari Bahaya dan Tembus Pandang

Translog Today
Truk tembus pandang (Samsung/tandlnews)

JAKARTA - VTT, Iveco Finlandia dan TTS-Kehitys Oy mengembangkan sebuah platform perangkat lunak baru yang akan membawa fitur mengemudi otonomos atau tanpa sopir ke dalam truk.

Truk masa depan itu dapat merasakan hambatan di dekatnya dan kemungkinan risiko keselamatan, serta memberitahukannya kepada pengemudi.

Kendaraan itu juga dapat memantau tingkah laku dan menarik perhatian sopir terhadap situasi membahayakan yang mungkin terjadi.

Truk itu merupakan bagian dari proyek DESERVE Eropa (platform untuk mendorong berkendara aman dan efisien) yang dikoordinasikan oleh VTT Technical Research Centre Finlandia Ltd.

Platform ini layaknya 'indera' yang dibutuhkan oleh kendaraan, seperti kamera, radar dan laser scanner, yang terhubung.

Platform ini memungkinkan komponen perangkat lunak dan sensor untuk dihubungkan ke sistem kendaraan tanpa mengorbankan keandalan mereka.

TTS menerapkan dan menguji platform pengembangan peralatan keselamatan, di samping menggunakan fungsi monitoring sopir berdasarkan pelacakan mata.

Platform itu dikembangkan oleh VTT pada simulator truk high-end. TTS bertanggung jawab memastikan bahwa hasil tes sesuai dengan apa yang akan terjadi di jalan-jalan yang nyata dan dapat diterapkan dalam praktik.

Iveco Finlandia menyediakan truk dengan sistem kamera yang canggih untuk proyek tersebut. Truk dilengkapi dengan sistem kamera 360°, tiga kamera 3D, sembilan radar jarak pendek dan tiga kamera di dalam kendaraan.

Dengan perangkat tersebut, pengemudi bisa memperoleh informasi real-time mengenai hambatan dan risiko keselamatan yang mungkin terjadi. Di sisi lain, kamera di dalam kendaraan memantau perhatian pengemudi dan perilaku mengemudi.

Versi pertama dari sistem trersebut ditargetkan siap diinstalasi pada kendaraan dalam waktu 2 tahun ke depan.
Sementara itu, Samsung mengembangkan Truk Keselamatan, yang mampu menampilkan kondisi jalan di depan truk pada layar besar di bagian belakang.

Truk 'transparan' itu dirancang untuk meminimalkan risiko tabrakan karena pengemudi kendaraan di belakangnya dapat melihat apa yang berada di depan truk.

Truk semi-trailer dilengkapi dengan kamera nirkabel di depan, dengan gambar penyiaran sinyal untuk empat monitor di bagian belakang truk.

Namun, Samsung menyatakan idenya hanyalah sebuah percobaan, dan tidak ada jadwal yang pasti untuk pengembangan lebih lanjut.

Sumber: tandlnews.com.au  (hlz/hlz)


Komentar