Rabu, 20 November 2019 | 15:57 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Jumat, 03 Juli 2015 22:47

PAL Indonesia Revitalisasi KRI Arung Samudera

Hery Lazuardi
KRI Arung Samudera (repro)

SURABAYA - PT PAL Indonesia (Persero) melaksanakan revitalisasi KRI Arung Samudera miliki TNI Angkatan Laut di dock Apung Surabaya. Kapal ini akan dimanfaatkan untuk mendukung program pengenalan kemaritiman kepada generasi muda.

Kapal tersebut adalah salah satu kapal latih selain KRI Dewaruci, diawaki oleh 16 personil dengan berbagai keahlian yang saat ini dikomandoi oleh Mayor Laut (P) Suroto.

Siaran pers PAL Indonesia, Jumat (3/7/2015), menyebutkan Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Maritim Syafri Burhanuddin meninjau KRI Arung Samudera (KRI ARSA) yang sedang direvitalisasi

Syafri dan rombongan didampingi oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto serta disambut oleh Direktur SDM & Umum PAL Etty Soewardani dan Kepala Divisi Pemeliharaan & Perbaikan PAL Ismu.

KRI ARSA mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai kompetisi dunia sejak membentangkan layar pertama kali pada 1953 untuk berkeliling dunia. Kapal itu direvitalisasi guna mendukung program kerja sama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan TNI-AL.

Setelah sukses dengan program Ekspedisi Nusantara Jaya I, KRI ARSA direncanakan berpartisipasi dalam program pengenalan kemaritiman pada generasi muda.

Kapal dengan panjang 39,40 m, lebar 6,45 m, kedalaman (draught) 2,60 m, dan luas layar 434 m2 ini diharapkan sukses seperti KRI Banda Aceh-593 buatan PAL Indonesia.

Rute telah disiapkan yang akan menjadi kesempatan dalam memberikan pengetahunan dan wacana kemaritiman dari kapal yang pernah dikomandani Pagarmatim pada 1996 tersebut.

"Program yang ditujukan kepada siswa-siswi untuk dapat mengarungi dan menjelajahi wilayah Indonesia dengan KRI ARSA diharapkan membatu program pemerintah dengan visi tol laut guna menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi antara Indonesia bagian barat dan timur."

Setelah revitalisasi rampung, KRI ARSA diharapkan dapat beroperasi kembali dan bergabung dalam Sail Tomini yang akan digelar pada Agustus-September 2015.
(hlz/hlz)


Komentar