Kamis, 14 November 2019 | 18:05 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Travel
Kamis, 30 Juli 2015 08:33

Menyusuri Jejak Kejayaan Islam di Eropa

Hery Lazuardi
Istana Alhambra (repro)

JAKARTA -

Tingginya minat umat Islam untuk beribadah umrah ternyata mendorong permintaan terhadap wisata religi ke sejumlah negara yang memiliki sejarah kejayaan Islam di masa lampau.

Salah satu tujuan wisata religi yang cukup diminati adalah Eropa, terutama Spanyol yang pernah dikuasai oleh kekhalifahan Islam. Banyak bukti kejayaan umat muslim yang masih bisa disaksikan di sana, antara lain di Cordoba, Sevilla, Toledo, dan Granada.

"Minat masyarakat yang cukup besar untuk menyusuri kejayaan Islam di Eropa ini mendorong kami untuk mengembangkan paket wisata khusus wisata religi," kata Presiden Direktur PT Pesona Swargaloka Indonesia Zahrudin Haris, belum lama ini.

Paket wisata menyusuri jejak Islam di Eropa ini, tutur Haris, ada yang digabung dengan paket Mesir, Turki, dan Yerusalem, termasuk mengunjungi salah satu masjid yang diwajibkan untuk shalat di sana bagi umat islam yang mampu yaitu Al Aqsa.

Adapun paket lainnya yang ditawarkan PSI, yaitu umrah plus Mesir, umrah plus Turki dan Mesir, umrah plus Turki, Mesir dan Palestina, serta umrah plus jejak kejayaan Islam di Eropa.

"Kami sengaja membuat paket-paket menarik buat umat muslim di Indonesia agar makin mengenal sejarah dan kebesaran Islam dan semakin cinta terhadap Islam," kata Haris.

Haris mengatakan Spanyol merupakan salah satu tujuan favorit wisata religi karena Islam pernah berjaya sejak masuk ke wilayah yang dahulu disebut Andalusia itu pada 711 Masehi.

Islam pernah berkuasa di negeri ini sekitar 8 abad lamanya dan meninggalkan banyak bangunan bersejarah, antara lain Istana Alhambra (Granada), Menara Giralda (Seville), Mezquita (Cordoba), Medina Azahara (Cordoba), dan Istana Alcazar (Seville dan Segovia).

Haris mengatakan paket wisata khusus, seperti wisata religi, semakin diminati seiring dengan peningkatan daya beli masyarakat di dalam negeri, yang membutuhkan pelayanan wisata sesuai dengan keinginan mereka.

"Peminat paket khusus terus meningkat dan menjadi peluang pasar wisata yang cukup besar. Kami bekerja sama dengan sejumlah mitra terpercaya untuk memastikan pelayanan terbaik bagi pelanggan," katanya.

Menurut Haris, paket wisata khusus lain yang cukup diminati adalah paket prewedding, special tour konser musik dan party, pameran, dan event olahraga F1 di seluruh dunia.

PSI juga menyediakan layanan khusus sesuai dengan permintaan, misalnya tour bagi komunitas tertentu, tour pribadi atau bulan madu, dan press tour. (hlz/hlz)


Komentar