Senin, 10 Desember 2018 | 15:55 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Logistik / Material Handling
Kamis, 06 Agustus 2015 08:03

Pelindo III Tanjung Intan Gelar Pelatihan Forklift

Translog Today
(Pelindo III)

CILACAP - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menggelar training bidang operasional bagi pegawai, pemagang dan tenaga PDS Cabang Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah.

Training bidang operasional ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam pengoperasian dan pemeliharaan forklift yang sesuai dengan standar dari pabrikan Mitsubishi forklift tipe FD150ANZ-2SP40-PD/PS serta menjaga kinerja forklift tetap optimal.

General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Intan Djumadi menjelaskan fungsi dan manfaat forklift sangat penting untuk mengangkat dan memindahkan barang dengan mudah dan cepat.

Namun, penggunaan forklift juga memiliki resiko yang perlu menjadi perhatian operator dan orang yang bekerja di sekitarnya.

"Training pengoperasian forklift ini diharapkan meningkatkan keterampilan, produktivitas, inovasi, serta kinerja SDM, khususnya dalam pengoperasian dan pemeliharaan forklift," katanya, Rabu (5/8/2015).

Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Per.05/MEN/1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut mengatur setiap pesawat angkat dan angkut harus dilayani oleh operator yang mempunyai kemampuan dan memiliki keterampilan khusus.

"Pelatihan merupakan suatu keharusan untuk memastikan operator memiliki keahlian dan keterampilan dalam mengoperasikan forkliftnya secara profesional sehingga tidak menimbulkan kecelakaan dan kerugian, ataupun merusak alat atau meterial," jelasnya.

Training itu menghadirkan mentor dari PT Berca Mandiri Perkasa yang menjelaskan pengetahuan seputar forklift, prosedur keselamatan, pengoperasian dan perawatan berkala. (Pelindo III) (hlz/hlz)


Komentar