Minggu, 20 Oktober 2019 | 23:08 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Kamis, 20 Agustus 2015 15:34

Menhub: Butuh Kebijakan, Silahkan Segera Ajukan

Hery Lazuardi
Menhub Ignasius Jonan membuka RUA INSA 2015 (translogtoday)

Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta Indonesian National Shipowners' Association (INSA) mengajukan kebijakan-kebijakan yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kinerja industri pelayaran nasional.

Pihaknya mendukung bagi berkembangnya industri pelayaran nasional. "Silakan mengajukan permintaan kebijakan ke Kementerian Perhubungan guna mendorong industri ini mampu bersaing," katanya saat membuka Rapat Umum Anggota INSA yang ke-16, hari ini.

Dia menjelaskan pihaknya memberikan dukungan terhadap asas cabotage di Indonesia secara penuh, tetapi kebijakan tersebut tidak boleh menyandera kepentingan bangsa yang lebih besar. "Jika (pelayaran) butuh kebijakan untuk memajukan pelayaran, kami siapkan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan INSA saat ini semakin solid dan kuat, terlebih Pemerintah telah cukup banyak memberikan kebijakan-kebijakan yang lebih baik bagi berkembangnya industri pelayaran nasional.

Dia mengajak semua pihak untuk mendukung kebijakan pemerintah di bidang angkutan laut selama ini. "INSA telah jauh berkembang. INSA akan terus mendorong adanya peningkatan perbaikan pada sektor angkutan laut."

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana RUA INSA yang ke-16 Lolok Sudjatmiko mengatakan peserta RUA tahun ini meningkat secara signifikan. "Jumlah peserta yang mendaftar mencapai lebih dari 800 orang," ujarnya.

RUA INSA tahun ini mengambil tema strategis yakni "INSA sebagai Sabuk Nusantara Menuju Poros Maritim Dunia".

Tema ini dipilih untuk memperlihatkan bahwa anggota INSA merupakan tulang punggung perekonomian nasional di bidang kemaritiman sekaligus menjawab tantangan pelayaran ke depan yang cukup berat. (hlz/hlz)


Komentar