Minggu, 17 Januari 2021 | 06:04 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Technology
Jumat, 21 Agustus 2015 23:31
GIIAS 2015

Toyota Perkenalkan Mobil Canggih Mirai dan i-Road di Indonesia

Hery Lazuardi
Toyota Mirai (TAM)

JAKARTA - Kebutuhan terhadap sarana mobilitas atau transportasi terus berkembang. Di masa depan, masyarakat tidak hanya membutuhkan kendaraan yang nyaman dan aman, tetapi juga menawarkan fleksibilitas personal dan makin ramah lingkungan.

Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar dunia, Toyota telah mengembangkan teknologi dan produk paling lengkap, inovatif, ramah lingkungan, dan berkinerja prima, sebagai bagian dari semangat "Beyond Drive".

Untuk membuktikan komitmen tersebut, Toyota memperkenalkan dua produk mutakhirnya kepada masyarakat Indonesia, yakni Toyota Mirai dan i-Road, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Kedua produk itu menjadi special axhibit dalam pameran otomotif terbesar di Indonesia itu, yang berlangsung pada 20-30 Agustus 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo menyebutkan Mirai dan i-Road merupakan bagian dari upaya Toyota dalam menghadirkan sarana mobilitas yang mampu memenuhi berbagai perubahan pola kehidupan masyarakat yang semakin dinamis dan tantangan lingkungan hidup yang kian besar.

"Toyota Mirai dan i-Road adalah dari jawaban Toyota dalam memenuhi tantangan mobilitas, namun tetap mengedepankan aspek lingkungan, demi kehidupan yang lebih baik di masa datang, dengan tidak meninggalkan sisi kenyamanan, kemudahan, dan keamanan berkendaraan," kata Samulo, Jumat (21/8/2015).

Toyota merupakan produsen mobil pertama yang memproduksi secara massal kendaraan berbahan bakar hydrogen yang diberi nama Mirai yang dalam Bahasa Jepang berarti masa depan. Mobil sedan ini telah dipasarkan di Eropa dan Amerika.

Kehadiran Mirai bisa dikatakan sebagai loncatan baru bagi Toyota dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan setelah berhasil dengan teknologi hybrid melalui Toyota Prius pada 2000.

Kini teknologi hybrid telah digunakan di berbagai mobil Toyota lainnya seperti Toyota Camry dan Toyota Alphard.
Mesin penggerak Toyota Mirai adalah Fuel Cell Sytem merupakan gabungan teknologi fuel cell dan hybrid yang terbukti lebih efisien.

Menggunakan bahan bakar hidrogen, Mirai benar-benar ramah lingkungan karena sama sekali tidak menghasilkan CO2 atau zero carbon emission.

Sama seperti kendaraan Toyota lainnya, Mirai didesain sebagai kendaraan yang nyaman dan aman. Desain eksterior yang aerodinamis dan dipadu dengan penggerak Fuel Cell Hydrogen Vehicle (FCHV), membuat mobil ini lebih halus dibandingkan kendaraan teknologi konvensional.

"Menggunakan bahan bakar hydrogen, kehadiran Toyota Mirai juga akan mendorong diversifikasi bahan bakar dan akan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Hidrogen akan menjadi bahan bakar masa depan," kata Samulo.

Pengetesan yang dilakukan Toyota Motor Corporation, Mirai dengan panjang 4.890 mm dan lebar 1.815 mm mempunyai daya jelajah 650-700 Km untuk satu kali pengisian bahan bakar. Pengisian bahan bakar juga tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 3-5 menit untuk mencapai full tank.
(hlz/hlz)


Komentar