Minggu, 17 Januari 2021 | 06:39 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Technology
Sabtu, 22 Agustus 2015 22:16
GIIAS 2015

Toyota Uji Coba Sistem Transportasi Personal i-Road

Hery Lazuardi
Toyota i-Road diperkenalkan di GIIAS 2015 (TAM)

JAKARTA - Toyota Motor memperluas uji coba konsep kendaraan masa depan i-Road di Jepang untuk pengembangan lebih lanjut transportasi personal berteknologi listrik itu di seluruh dunia.

Toyota i-Road merupakan kendaraan yang menggabungkan potensi mobil dan sepeda motor, didesain kompak dengan lebar hanya 870 mm dan panjang 2.345 mm. Bentuknya yang mungil menjadikan kendaraan ini sangat cocok untuk mengarungi lalu lintas perkotaan yang padat.

Toyota sudah menguji coba i-Road di Jepang dan Prancis, tetapi masih dalam skala kecil. Menurut rencana, uji coba akan diperbesar di Jepang untuk pengembangan penelitian lebih lanjut.

i-Road juga menjadi solusi di tengah semakin sulitnya mencari lahan parkir, sebab kendaraan ini hanya membutuhkan area yang kecil dengan rasio 4:1 dengan mobil biasa.

i-Road mudah dikendarai seperti sepeda motor, tetapi jauh lebih nyaman dan aman karena penggunanya terhindar dari panas dan hujan layaknya menggunakan mobil.

Mengendarai kendaraan ini juga akan memberikan sensasi sendiri karena bisa dikemudikan layaknya berselancar dengan ski. i-Road bisa dikendarai semua orang dan mampu bergerak lincah ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kemiringan tubuh pengemudinya.

Menggunakan penggerak mesin listrik yang ditenagai baterai Lithium ion, i-Road termasuk kendaraan ramah lingkungan (zero emission). Kecepatan maksimum 60 km per jam, daya jelajah kendaraan masa depan ini mencapai 50 km untuk satu kali pengisian baterai.

"Toyota tidak hanya mengembangkan produk dalam uji coba i-Road, tetapi juga sistem transportasi personal yang terhubung secara online," kata Dadi Hendriadi, GM Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), di sela-sela Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2015.

Dalam pameran yang digelar pada 20-30 Agustus 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang itu, i-Road ditampilkan sebagai special exhibit bersama dengan Toyota Mirai. Kedua kendaraan masa depan ini menjadi daya tarik tersendiri di booth Toyota.

Dalam uji coba i-Road, jelas Dadi, pengendara harus melakukan registrasi ke dalam sistem dan reservasi menggunakan ponsel melalui aplikasi yang disebut Hamo.

"Pengguna tinggal mendatangi stasiun i-Road di lokasi yang tersedia dan mengakses sistem melalui kartu yang telah diregistrasi untuk mengendarai kendaraan ini," jelasnya.

Dari stasiun i-Road, pengguna bisa berkendara ke stasiun i-Road lainnya yang dituju, misalnya di dekat stasiun kereta api.

Selanjutnya, pengguna bisa kembali menggunakan i-Road di stasiun tujuan untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir, misalnya kantor atau rumah. "i-Road ini seperti sharing bike yang sudah diaplikasikan di Eropa dan negara maju lain," ujar Dadi.
(hlz/hlz)


Komentar