Minggu, 17 Januari 2021 | 06:08 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Technology
Minggu, 06 September 2015 18:17

CMA CGM Operasikan Kapal Kontainer Terbesar di Dunia

Hery Lazuardi
Kapal CMA CGM Bougainville (CMA CGM)

JAKARTA - CMA CGM Group, salah satu kelompok usaha pelayaran terbesar dunia, mengoperasikan kapal kontainer raksasa Bougainville berbobot 18.000 TEU (twenty-feet equivalent units) dengan panjang 400 meter.

Kapal berbendera Prancis itu merupakan kapal seri 18.000 TEU keempat, semua mengusung nama petualang besar, dalam hal ini Louis-Antoine de Bougainville, yang memimpin penjelajahan resmi pertama Prancis pada abad ke-18.

Kapal Bougainville masuk jajaran armada CMA CGM sebagai kapal kontainer terbesar dunia sejak 25 Agustus 2015, setelah diterima dari Korean shipbuilder Samsung Heavy Industries.

Kapal sepanjang 400 meter dan lebar 54 meter ini memulai rotasi pertamanya ke sejumlah pelabuhan Asia. Kapal berlayar ke Shanghai pada 5 September, Port Klang 13 September, Suez 15 September, dan Algericas 1 Oktober, kemudian tiba di Le Havre pada 5 Oktober.

Bougainville mampu mengangkut hampir 200.000 ton barang antara Eropa, Timur Tengah, dan Asia serta menjadi elemen kunci dalam perdagangan antarbenua, ungkap CMA CGM dalam siaran pers.

CMA CGM Bougainville dilengkapi dengan berbagai teknologi ramah lingkungan mutakhir, menjadikannya sebagai alat transportasi paling hijau di dunia.

Teknologi yang diaplikasikan kapal itu antara lain optimasi hydrodynamics dan emisi CO2/km yang sangat rendah.

Emisi CO2 kapal ini rata-rata hanya 37gram CO2/km untuk setiap kontainer, efisiensi energi hampir tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan rekor armada perusahaan itu 10 tahun lalu.
(hlz/hlz)


Komentar