Minggu, 20 Oktober 2019 | 23:54 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Kereta Api
Selasa, 08 September 2015 07:00

Kereta Kargo China-Eropa Pangkas Waktu Pengiriman

Translog Today
(repro)

CHENGDU - Sebuah kereta kargo yang terdiri dari 41 gerbong menyelesaikan perjalanan penuh pertamanya dari Kota Lodz di Polandia ke Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, China barat daya, pada Minggu (6/9/2015).

Kereta, yang sebagian besar mengangkut produk makanan dan minuman itu, menempuh 16 hari perjalanan jalur kargo Chengdu-Eropa sejauh 9.826 kilometer.

Layanan KA ekspres Chengdu-Eropa dimulai sejak April 2013. Hingga kini, total 106 kereta kargo telah melakukan perjalanan ke Lodz dari Chengdu, mengekspor barang senilai US$693 juta, tetapi semua kembali ke China dalam kondisi kosong.

"Barang-barang, termasuk instrumen presisi dan pakaian dari Sichuan dan bagian lain dari China didistribusikan ke kota-kota di seluruh Eropa dalam waktu 3 hari," kata Wan Wenjun, Wakil Manajer Perusahaan KA Chengdu-Eropa, seperti dikutip Xinhua, Senin (7/9/2015).

Sejumlah kota-termasuk Chongqing di barat daya China; Wuhan, Zhengzhou dan Changsha di China tengah; Shenyang dan Harbin di timur laut China-memiliki jasa angkutan kereta api ke Eropa.

Pengoperasian kereta kargo ini memangkas waktu pengiriman barang dari China ke Eropa atau sebaliknya menjadi sepertiga dari waktu pengiriman dengan menggunakan kapal laut.   (hlz/hlz)


Komentar