Rabu, 20 November 2019 | 15:57 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Rabu, 16 September 2015 10:14

Galangan Nasional Siap Serap Kapal Pemerintah

Hery Lazuardi
Kegiatan Galangan Kapal di Indonesia (Translogtoday)

Jakarta - Sebanyak 183 unit kapal dengan berbagai jenis dan tipe senilai sekitar Rp11,8 triliun akan dibangun Pemerintah c.q Kementerian Perhubungan dalam kurun waktu tiga tahun ke depan (2015-2017).

Pengadaan kapal tersebut guna mendukung konektivitas angkutan laut dalam negeri, meningkatkan kegiatan penjagaan laut dan pantai (PLP) serta untuk kebutuhan kegiatan kenavigasian.

Seluruh kapal-kapal tersebut akan dibangun pada galangan kapal dalam negeri, termasuk diantaranya 15 unit kapal semi kontainer yang nantinya akan diserahkan kepada PT Pelni untuk dioperasikan.

Pelaku usaha galangan mengaku siap mengerjakan proyek pengadaan kapal milik Pemerintah tersebut. "Banyak galangan kapal nasional yang sudah siap untuk mengerjakannya," ujar Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan.

Sebanyak 183 unit kapal yang akan dibangun Kementerian Perhubungan tersebut terdiri dari kapal untuk kegiatan penjagaan laut dan pantai sebanyak 63 unit kapal, kapal angkutan laut 105 unit kapal dan kapal navigasi 15 unit kapal.

Saat ini, jumlah galangan kapal di Indonesia untuk pembangunan kapal baru mencapai 160 unit perusahaan dengan kapasitas terpasang mencapai 900.000 dead weight tonnage (DWT) per tahun dan tingkat utilisasi yang baru 35%.

Data Kementerian Perindustrian menyebutkan jumlah galangan untuk kegiatan reparasi diperkirakan mencapai 25O unit dengan kapasitas produksi mencapai 1,2 juta dead weight tonnage (DW) per tahun.
(hlz/hlz)


Komentar