Selasa, 19 November 2019 | 02:11 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Rabu, 23 September 2015 19:56

Inilah Spesifikasi 8 Unit Kapal Perintis yang Dibangun Kemenhub

Hery Lazuardi
Kapal Perintis Pesanan Kemenhub (dayaru)

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini, Rabu (23/9) menggelar Keel Laying (Peletakan Lunas) pembangunan delapan unit kapal perintis senilai Rp246,6 miliar di galangan PT Dumas Tanjung Perak Shipyard.

Kapal yang dibangun masing-masing berbobot 500 dead weight tonnage (DWT) dan 750 DWT. Berikut spesifikasi kapal yang akan dioperasikan untuk kegiatan keperintisan dalam rangka konektivitas dalam negeri.

Kapal dengan bobot 750 dead weight tonnage (DWT) memiliki panjang hingga 58,5 meter dengan kemampuan melaju hingga 12 knot. Kapal ini dapat mengangkut sedikitnya 265 orang penumpang dengan kapasitas angkut barang mencapai 400 ton.

Kapal dengan bobot 500 dead weight tonnage (DWT) memiliki spesifikasi panjang hingga 51,8 meter dan mampu melaju dengan kecepatan 12 knot. Kapal ini dirangkang dengan kemampuan mengangkut 250 orang dengan kapasitas angkut barang hingga mencapai 240 ton.

Pembangunan kedelapan unit kapal perintis ini merupakan proyek multiyears yang diproyeksikan dapat diselesaikan pengerjaannya selama 14 bulan dengan pendanaan berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 dan 2016.

Lelang pekerjaan pembangunan delapan unit kapal perintis ini dilakukan melalui mekanisme Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan yang terdiri dari delapan paket (Paket A hingga H).

Adapun galangan yang memenangkan pekerjaan pembangunannya terdiri dari empat perusahaan galangan, yakni PT Dumas Tanjung Perak Shipyards (Surabaya), PT Adiluhung Saranasegara Indonesia (Madura), PT Mariana bahagia (Palembang), dan PT Dok Bahari Nusantara (Cirebon). (hlz/hlz)


Komentar