Selasa, 04 Agustus 2020 | 12:58 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Technology
Rabu, 25 November 2015 04:43

Cloudmatika Luncurkan Layanan Cloud Computing di Indonesia

Hery Lazuardi
Dirut PT Awan Solusi Informatika Iskandar Zulkarnain (tengah (Translogtoday)

JAKARTA -

PT Awan Solusi Informatika, anak usaha Iska Group, meluncurkan secara resmi Cloudmatika, sebuah layanan berbasis cloud computing yang diklaim paling canggih dan aman bagi pelanggan di Indonesia.

Melalui peluncuran tersebut, Cloudmatika memperkenalkan beberapa produk pertamanya yang merupakan layanan inti yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan, terutama bagi usaha kecil dan menengah (UKM).

"Cloudmatika juga menjadi penyedia layanan cloud pertama di Indonesia yang menawarkan infrastruktur yang sepenuhnya fleksibel, elastis, instan dan otomatis," kata Direktur Utama PT Awan Solusi Informatika dan Chairman Iska Group Iskandar Zulkarnain, Selasa (24/11/2015).

Menurut dia, pelanggan hanya perlu membayar sesuai dengan apa yang mereka gunakan dan bukan membayar biaya tetap yang tinggi setiap bulan. Sebuah pendekatan baru untuk bisnis cloud di Indonesia, seperti menggunakan pulsa telepon genggam dalam keseharian.

Head of Marketing & Public Relation Cloudmatika, Biltraviano H. menjelaskan infrastruktur Cloudmatika mengadopsi IaaS atau VPS (Virtual Private Server), sekaligus menjadi penyedia IaaS pertama di Indonesia yang menawarkan 100% SLA, dan menyediakan empat (4) salinan bagi setiap data pelanggan di beberapa Pusat Data lokal (Local Data Center).

Pelanggan dapat mengakses dan merasakan layanan uji coba infrastruktur Cloudmatika selama 14 hari secara gratis sebelum memutuskan untuk membeli layanan tersebut. Layanan infrastruktur Cloudmatika ini diluncurkan menggunakan merek "CloudServer Indonesia" yang dapat diakses melalui situs www.cloudserver.co.id.

Selain layanan infrastruktur, Cloudmatika menawarkan Cloudmatika Backup sebagai solusi lengkap yang sederhana dan terjangkau untuk membantu pelanggan dalam menyimpan data mereka di penyimpanan lokal seperti pada PC dan server.

Pelanggan dapat menyimpan data mereka secara aman dari human error , kebakaran, banjir dan bencana alam dengan biaya bulanan yang sangat terjangkau.

Semua data yang disimpan di Cloudmatika dijamin keamanannya dengan menggunakan enkripsi sekelas "sistem keamanan militer" setelah data dikirim oleh pelanggan, dan Cloudmatika memastikan bahwa tidak ada seorang pun, bahkan tidak pula pihak Cloudmatika, dapat mengakses data tersebut.

Hanya pelanggan sendiri yang dapat mengakses data yang telah di backup menggunakan data pribadi miliknya, seperti username & password. Cloudmatika Backup menggunakan BackUp Software dari perusahaan terkemuka dunia Acronis. Cloudmatika Backup dapat diakses melalui situs www.cloudbackup.co.id.

Salah satu teknologi utama yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan saat ini adalah Kolaborasi; melalui email, kalender, file sharing dan (video) conferencing. Cloudmatika dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan CCS - Cloudmatika Collaboration Suite.

CCS menyediakan semua alat kolaborasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat diakses melalui semua perangkat mobile terbaru seperti smartphone dan tablet. CCS mengadaptasi teknologi kolaborasi Open Xchange dari Jerman, yang saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

CCS memperkenalkan produk kolaborasi pertama yang benar-benar aman di Indonesia, berkat built-in enkripsi PGP untuk email dan dokumen. CCS dapat diakses melalui situs www.collaboration.co.id.

Selain IaaS, Backup dan Kolaborasi, Cloudmatika menyediakan rangkaian lengkap layanan berbasis Internet, termasuk webhosting, domain dan e-commerce.

Penyimpanan Data Eksklusif

Untuk melindungi pelanggan dari akses ilegal ke data mereka, misalnya oleh hacker asing, kompetitor atau institusi dari negara lain, Cloudmatika menyediakan layanan penyimpanan data eksklusif di Indonesia, di Tier 3 Data Centers yang paling aman.

Dengan menggunakan penyedia Cloud Computing asing, pelanggan berisiko melakukan pelanggaran hukum. Berdasarkan UU Perlindungan Data Indonesia, mentransfer data pribadi dari setiap warga negara Indonesia ke luar negeri tanpa persetujuan mereka merupakan hal yang ilegal.

Sebagai contoh jika sebuah perusahaan menggunakan email atau penyedia cloud computing asing, yang menyimpan data di luar negeri, dan mereka menerima email dari pelanggan Indonesia yang di sana terdapat nama pengirim ataupun data pribadi lainnya, maka mereka sudah melanggar hukum.

Menggunakan penyedia asing untuk menyimpan data pribadi orang Indonesia bisa menjadi pelanggaran serius dari beberapa hukum dan pasal. Dengan menggunakan Cloudmatika, konsumen Indonesia dapat merasa tenang karena tidak memiliki resiko untuk melanggar hukum dan terbebas dari resiko tuntutan dari siapapun.

Selain aspek hukum, perusahaan yang menggunakan Cloudmatika juga memiliki keuntungan komersial yang berbeda karena mereka dapat menjamin bahwa data pelanggan mereka disimpan dan ditangani dengan aman dan legal.

Sebagai konfirmasi mengenai masalah perlindungan data ini, baru-baru ini (Oktober 2015) Pengadilan Eropa mempublikasikan sebuah kebijakan baru bernama "Safe Harbor" yang menyebutkan bahwa setiap data yang disimpan oleh Penyedia Cloud Computing di US tidak dapat dianggap aman.

Untuk mendukung pasar Indonesia, semua layanan Cloudmatika disediakan dengan harga yang sangat kompetitif, pada tingkat harga yang sama atau lebih rendah dari layanan luar negeri.

Cloudmatika menyediakan layanannya melalui kemitraan Teknologi dengan Tsukaeru Group dari Jepang dan Ozhosting dari Australia, yang memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman dalam memberikan layanan Cloud Computing. Sebagai bagian dari kemitraan ini, Cloudmatika menggunakan teknologi Cloud Platform terkemuka dunia "ODIN Automation for Cloud Infrastructure" (OACI).

Agar pelanggan dapat menggunakan layanan cloud dengan mudah dan aman, Cloudmatika menyediakan tim teknisi yang berdedikasi untuk mengelola layanan dan melakukan migrasi, yang memungkinkan pelanggan untuk fokus pada bisnis mereka tanpa mengkhawatirkan pengelolaan IT mereka karena sudah dikelola oleh ahli IT terbaik di negara ini.

Cloudmatika memiliki program khusus untuk reseller, yang dapat menawarkan semua layanan di bawah merek mereka sendiri bagi pelanggan mereka.

Iskandar menyatakan sangat gembira dapat meluncurkan Cloudmatika untuk memasuki pasar Indonesia.

"Setelah mendapatkan manfaat dari pengaplikasian cloud computing di grup perusahaan kami, langkah berikutnya yaitu mengubahnya menjadi layanan publik," kata Iskandar.

Iskandar yakin dapat menawarkan layanan cloud computing terbaik dan paling canggih di Indonesia, berkat pengalaman luar biasa dari Tsukaeru dan respon yang sangat positif dari pelanggan pra-peluncuran.

"Keunikan kami yaitu menggabungkan pengalaman di bidang teknologi cloud dan bisnis kami sendiri sebagai sisi user, menjadi Cloudmatika," kata Iskandar. (hlz/hlz)


Komentar