Selasa, 22 Oktober 2019 | 22:03 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Galangan Kapal
Rabu, 02 Desember 2015 12:03

Kemenperin Bantu IKM Komponen Kapal Peroleh Sertifikasi BKI

Translog Today
(Translogtoday)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian memberikan fasilitas pembiayaan bagi produsen komponen kapal skala kecil menengah untuk mendapatkan sertifikasi dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sehingga bisa memenuhi standar industri galangan kapal nasional.

Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat mengungkapkan saat ini sudah ada empat komponen kapal dari IKM yang mendapatkan sertifikat BKI, antara lain untuk produk jendela dan pintu kapal.

Pada September 2015, Kemenperin, BKI, dan Asosiasi Industri Komponen Kapal Indonesia (AIKKI) sepakat menjalin kerja sama program akselerasi sertifikasi komponen kapal produksi anggota AIKKI.

Kerja sama ini sejalan dengan upaya peningkatan daya saing produk dalam negeri, penyediaan lapangan kerja, dan memacu pertumbuhan ekonomi. Kerja sama juga bertujuan mendorong industri perkapalan di dalam negeri menggunakan komponen yang telah bersertifikat Class.

"Saya yakin banyak komponen kapal yang sudah bisa dibuat oleh IKM. Misalnya, IKM di Kabupaten Tegal mampu memproduksi komponen yang banyak dibutuhkan galangan. Walaupun kualitas komponen itu sudah cukup baik, tetapi harus memiliki sertifikat BKI agar bisa masuk ke galangan," kata Syarif dalam siaran pers.

Dia mengungkapkan hal itu seusai mewakili Menteri Perindustrian meresmikan pembukaan Jakarta IKM Expo ke-VII di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

BKI menjadi mitra Kemenperin untuk mengawal IKM komponen kapal agar dapat tumbuh dan berkembang serta bersertifikat Class. Dengan demikian, IKM tersebut bisa memenuhi kebutuhan komponen kapal di dalam negeri ataupun ekspor.

Pameran yang digelar Kemenperin bersama dengan Kadin DKI Jakarta serta Dinas Perindustrian dan Energi DKI itu mengangkat tema "Komitmen dan Loyalitas Anak Bangsa Menggunakan Produk Dalam Negeri".

Dalam rangkaian kegiatan pameran, Kadin DKI Bidang Perindustrian bersama Bidang Logistik, Transportasi dan Kepelabuhan akan menyelenggarakan focus group discussion (FGD) mengenai industri perkapalan nasional pada 3 Desember 2015 di Kemenperin.

FGD akan diikuti Iperindo, BKI, AIKKI, serta pelaku IKM dari sektor interior, perbengkelan, jasa kelistrikan, dan perpipaan.

"Di DKI Jakarta saja terdapat 12 galangan kapal yang akan mengerjakan pesanan kapal dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah maupun BUMN. Ini merupakan kesempatan dan peluang yang besar bagi IKM untuk menjadi vendor pada galangan kapal," ujar Ketua Panitia Jakarta IKM Expo ke-VII, Rainer Prakuso Tobing. (hlz/hlz)


Komentar