Minggu, 18 November 2018 | 00:42 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Penerbangan
Kamis, 03 Desember 2015 09:04

FAA Larang Maskapai Thailand Buka Rute Penerbangan ke AS

Hery Lazuardi
(repro)

WASHINGTON - Federal Aviation Administration (FAA), Badan Penerbangan Federal AS, menurunkan peringkat keselamatan penerbangan Thailand ke Kategori 2 karena dinilai tidak memenuhi standar internasional.

Keputusan badan penerbangan federal AS itu berarti maskapai Thailand dilarang membuka rute baru ataupun menambah rute ke AS. Namun, mereka masih bisa melanjutkan layanan yang sudah ada.

Peringkat International Aviation Safety Assessment (IASA) Kategori 2 berarti negara tersebut dinilai tidak memiliki aturan atau regulasi yang memadai untuk mengawasi maskapai penerbangan terkait dengan pemenuhan standar internasional.

Selain itu, otoritas penerbangan sipilnya dinilai kurang dalam satu atau beberapa hal, seperti keahlian teknis, personel terlatih, penyimpanan rekaman, atau prosedur inspeksi.

Thailand pernah masuk peringkat Kategori 2 pada 1996, kemudian naik ke peringkat Kategori 1 pada 1997. Penilaian ulang terhadap Thailand pada 2001 dan 2008 tetap pada Kategori 1.

Namun, penilaian ulang pada Juli 2015 menemukan bahwa Thailand tidak memenuhi standar internasional yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

Pengumuman FAA pada Rabu (2/12/2015) tersebut merupakan hasil diskusi dengan pemerintah Thailand yang berakhir pada 28 Oktober.

Sebagai bagian dari program IASA, badan tersebut menilai otoritas penerbangan sipil semua negara berikut maskapai penerbangan yang memenuhi syarat untuk terbang ke AS, yang saat ini melayani operasi ke AS atau berpartisipasi dalam kerja sama code sharing dengan maskapai AS.

Siaran pers FAA menyebutkan penilaian itu menunjukkan apakah otoritas penerbangan sipil suatu negara memenuhi standar keselamatan ICAO, bukan aturan FAA.

Peringkat Kategori 1 berarti otoritas penerbangan sipil negara tersebut memenuhi standar ICAO. Dengan peringkat tersebut, maskapai suatu negara bisa membuka layanan ke AS dan menjalin code share dengan maskapai AS.
(hlz/hlz)


Komentar