Minggu, 16 Desember 2018 | 03:09 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Sabtu, 12 Desember 2015 19:39

Merger Cosco-China Shipping Ciptakan Pelayaran Terbesar ke-4 Dunia

Hery Lazuardi
(repro)

JAKARTA - Dua raksasa pelayaran China, Cosco dan China Shipping, akan menggabungkan usaha mereka guna menciptakan kekuatan lebih besar dan kuat untuk bersaing di tengah pelemahan permintaan dan overkapasitas pelayaran global.

Seperti dilaporkan The Wall Street Journal, Jumat (11/12/2015), merger itu akan mengawinkan Cosco dengan operasi pelayaran petikemas China Shipping sehingga menciptakan perusahaan pelayaran petikemas terbesar keempat di dunia, setelah AP Moller Maersk Group, Mediterranean Shipping Co, dan CMA CGM SA Prancis.

China Cosco Holdings Co dalam surat keterbukaan informasi menyatakan pihaknya berencana mengonsolidasikan operasi pelayaran petikemas dengan pesaingnya China Shipping Container Lines Co. melalui akuisisi sebanyak 33 unit dan afiliasi setara pelayaran petikemas dari CSCL senilai 1,14 miliar yuan (US$177 juta) dan menyewa kapal-kapal petikemasnya.

Sementara itu, Cosco Group yang terdaftar di Hong Kong and Shanghai berencana menjual seluruh bisnis pelayaran curah keringnya kepada induk usahanya senilai 6,77 miliar yuan.

Restrukturisasi aset tersebut juga mencakup dua pelabuhan dan operasi kapal tanker minyak milik grup. Cosco Pacific Ltd, unit operasi pelabuhan Cosco di Hong Kong akan membayar 7,63 miliar yuan untuk membeli bisnis operasi pelabuhan China Shipping (Group) Co.

Cosco Pacific juga berencana menjual bisnis penyewaan petikemasnya-Florens Container Holdings Ltd-kepada salah satu unit China Shipping Container Lines Co senilai 7,78 miliar yuan.

China Shipping Development Co, unit pelayaran curah dan minyak China Shipping Group, juga berencana membeli bisnis angkutan minyak dari China Cosco Group.

Kesepakatan itu diharapkan membantu upaya kedua grup pelayaran itu mereorganisasi bisnis mereka, dimana Cosco akan fokus di sektor pelayaran petikemas dan China Shipping Group menjadi penyedia layanan keuangan pelayaran.

Konstelasi industri pelayaran kini mulai berubah menyusul konsolidasi di antara perusahaan pelayaran petikemas dunia. Sebelumnya, perusahaan pelayaran Prancis CMA CGM siap mencaplok Neptune Orient Lines Ltd Singapura senilai US$2,4 miliar. (hlz/hlz)


Komentar