Jumat, 24 Mei 2019 | 21:57 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Transportasi
Sabtu, 12 Desember 2015 21:47

Pemerintah Siapkan Rp313 Triliun, Bangun Jalan Tol 1.000 Km

Translog Today
(Jasa Marga)

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan anggaran Rp313 triliun untuk membangun infrastruktur di seluruh Indonesia, termasuk membangun jalan tol sepanjang 1.000 km dalam 5 tahun ke depan.

"Jalan tol yang dibangun sejak merdeka hingga sekarang hanya 800 km. Lima tahun ke depan, pemerintah minimal akan membangun 1.000 km," kata Presiden Joko Widodo saat berbicara dalam Kongres ke-20 Persatuan Insinyur Indonesia (PII) 2015 di Jakarta, Sabtu (12/12/2015).

Untuk mengamankan target tersebut , Presiden menegaskan tidak ragu untuk turun langsung ke lapangan melakukan pengecekan. Bahkan di beberapa ruas jalan tol yang dibangun, pembebasan lahannya belum tuntas 100%. "Nggak usah ragu-ragu, ini untuk kepentingan umum," ujarnya.

Jokowi meyakini para maka menteri terkait juga akan mengecek proyek itu setiap bulan dan jajaran di bawahnya akan lebih sering lagi. "Saya sampaikan ke menteri-menteri, jangan rapat tiga kali lebih, baru memutuskan. Saya tidak mau rapat bertele-tele," ungkap Presiden.

Dia mengakui tidak sedikit masyarakat suatu daerah meragukan pembangunan infrastruktur yang akan dimulai. Hal ini dialami Presiden ketika akan memulai pembangunan jalur kereta di Sumatera.

"Ini benar Pak? Jangan hanya groundbreaking-groundbreaking saja, karena sudah 30 tahun tidak jadi-jadi," kata Jokowi menirukan pertanyaan masyarakat Sumatera.

Presiden juga menyinggung masalah pembangunan pembangkit listrik. Dia telah menginstruksikan menteri terkait untuk memangkas proses perizinannya karena sebelumnya butuh waktu 2 tahun, bahkan ada yang hingga 6 tahun.

Acara pembukaan Kongres ke-20 PII Tahun 2015 itu dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. (Setkab) (hlz/hlz)


Komentar