Selasa, 12 November 2019 | 23:10 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Rabu, 30 Desember 2015 18:09

Pelabuhan Perikanan Merauke Ditargetkan Rampung 2016

Translog Today
Presiden Jokowi saat meninjau Pelabuhan Perikanan Merauke (Setkab)

MERAUKE - Presiden Joko Widodo berjanji mengucurkan dana untuk menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Perikanan Samudera Merauke (PPSM) yang terhenti. Kesiapan pelabuhan ini diyakini akan mendorong masuknya industri pengolahan ikan.

"Potensi ikan di perairan Merauke sangat besar. Hasilnya selama ini dikirim ke Surabaya dan diekspor," kata Presiden saat meninjau pelabuhan itu, Rabu (30/12/2015).

Sesuai dengan rencana, PPSM akan dibangun sepanjang 350 meter. Namun pembangunannya baru selesai 250 meter. Kendalanya karena sebagian besar bahan bangunan didatangkan dari luar daerah.

Presiden berharap dermaga PPSM bisa beroperasi pada 2016 sehingga bisa menjadi pintu keluar (ekspor) ikan di perairan Merauke yang potensinya cukup besar.

"Tapi yang utama adalah menekan biaya distribusi. ‎Kuncinya di pelabuhan sehingga biaya distribusi logistik murah," ujar Jokowi seperti dikutip setkab.go.id.

Semua kendala pembangunan, lanjut Presiden, segera dikoordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Kelautan dan Perikanan agar segera dapat terpecahkan.

‎Anggaran yang telah dialokasikan untuk pembangunan PPSM sampai dengan 2015 adalah dari APBD Merauke Rp89 miliar, dari APBN Rp97,5 miliar. Total realisasi pembiayaan Rp187 miliar dari rencana pembiayaan masterplan PPSM sebesar Rp1,3 triliun.

Presiden mengatakan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan juga akan membeli 3.400 unit kapa‎l untuk nelayan di seluruh Tanah Air, termasuk di Merauke.

"Tugas pemerintah memberikan fasilitas pelabuhan yang baik, sehingga nelayan mendapat ikan banyak. Itu saling kait-mengait," ujarnya.
(hlz/hlz)


Komentar