Selasa, 22 Oktober 2019 | 21:54 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Galangan Kapal
Kamis, 21 Januari 2016 22:14

Tahun ini, Tiga Galangan Nasional Serahkan Kapal Pertamina

Hery Lazuardi
Presiden Jokowi saat mengunjungi galangan DRU di Lampung (DRU)

JAKARTA - Tiga perusahaan galangan kapal nasional dijadwalkan mulai menyerahkan secara bertahap kapal-kapal  tanker dengan kapasitas 17.500 DWT pesanan PT Pertamina (Persero) pada tahun ini. Demikian keterangan tertulis yang disampaikan Pertamina di Jakarta, Kamis, (21/1/2016).

Ketiga galangan tersebut PT Daya Radar Utama, PT Anggrek Hitam Shipyard dan PT Multi Ocean Shipyard. "Kapal-kapal [Pesanan Pertamina] akan dikirim mulai tahun ini hingga 2017 oleh ketiga galangan kapal nasional tersebut," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro.

Pertamina memesan delapan unit kapal general purpose (GP) dengan bobot mati 17.500 dead weight tonnage (DWT) dengan total investasi US$200 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun pada galangan kapal nasional.

Penambahan kapal GP saat ini mendapatkan momentum mengingat pasar penyedia kapal tersebut sangat terbatas di Indonesia. Pemilihan galangan kapal dalam negeri juga menjadi wujud nyata peran aktif Pertamina dalam memajukan industri maritim nasional.

Dia menjelaskan pemesanan di dalam negeri untuk memberikan kesempatan bagi galangan kapal nasional dan potensi lokal daerah untuk memiliki pengalaman membangun kapal tanker dengan ukuran terbesar di kelas galangan kapal yang ada di Indonesia.

PT Daya Radar Utama di Lamongan, Jawa Timur membangun kapal untuk minyak mentah, yaitu MT Panderman, MT Papandayan, dan MT Putri, sedangkan PT Anggrek Hitam Shipyard di Batam, Kepulauan Riau membangun dua kapal untuk produk yaitu MT Parigi dan MT Pattimura.

Adapun PT Multi Ocean Shipyard di Karimun, Kepulauan Riau membangun kapal produk MT Pasaman, kapal untuk avtur MT Panjang, dan kapal untuk mengangkut minyak mentah MT Pangrango. (hlz/hlz)


Komentar