Rabu, 20 November 2019 | 16:08 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Shipping
Jumat, 22 Januari 2016 08:00

Pertamina Segera Terima 11 Kapal Rp4,05 triliun

Hery Lazuardi
Tanker Pertamina (www.drushipyard.com)

Jakarta - Hingga 2017, PT Pertamina akan menerima kiriman kapal tanker dari galangan kapal dalam negeri dan luar negeri sebanyak 11 unit senilai total mencapai US$300 juta atau setara dengan Rp4,05 triliun.

Kapal-kapal tersebut adalah delapan unit dibangun oleh galangan kapal dalam negeri dan tiga unit dibangun oleh galangan luar negeri.

"Selain delapan kapal dari galangan lokal, Pertamina juga akan menerima tiga kapal medium range dengan bobot mati 40.000 dead weight tonnage (DWT) dari New Times Shipbuilding Co Ltd, China pada kuartal I 2016 ini," kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro, kamis (21/1).

Investasi delapan kapal tanker kapasitas 17.500 DWT pada galangan dalam negeri mencapai US$ 200 juta atau setara dengan Rp2,7 triliun, sedangkan investasi tiga kapal yang masing-masing bernama MT Sanggau, MT Serui, dan MT Sanana dari China mencapai US$100 juta atau setara dengan Rp1,35 triliun.

New Times Shipbuilding sebelumnya membangun tanker Pertamina berukuran 85.000 long ton dead weight (LTDW), yaitu Gam¬konora pada 2012. "Semua kapal akan serahkan secara bertahap hingga 2017," katanya.

Menurut Wianda, penambahan kapal ini merupakan implementasi dari Shipping Excellence yang merupakan bagian dari program Marketing and Operation Excellence. Hal ini juga sejalan dengan lima pilar prioritas strategis Pertamina untuk memperkuat infrastruktur yang dapat mendukung daya saing perusahaan.

"Penambahan kapal tersebut untuk melayani distribusi BBM seluruh Indonesia dengan 111 terminal BBM dan jalur distribusi terkompleks di dunia guna terciptanya keamanan pasokan (security of supply) dan dukungan terhadap daya saing Pertamina di level nasional maupun internasional," kata Wianda.

Sebelumnya, diberitakan PT Pertamina (Persero) memesan delapan unit kapal general purpose (GP) dengan bobot mati 17.500 deadweight tonnage (DWT) dengan total investasi 200 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,7 triliun.

"Kapal-kapal tersebut akan dikirim mulai tahun ini hingga 2017 oleh tiga galangan kapal nasional, yaitu PT Anggrek Hitam Shipyard sebanyak dua unit, PT Daya Radar Utama dan PT Multi Ocean Shipyard masing-masing tiga unit. (hlz/hlz)


Komentar