Rabu, 20 November 2019 | 15:58 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Selasa, 26 Januari 2016 18:34

Pelindo IV Bangun Kendari New Port dan Kembangkan 8 Pelabuhan di KTI

Hery Lazuardi
(Pelindo IV)

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mendapat kucuran Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2 triliun yang akan digunakan untuk membangun Kendari New Port dan mengembangkan delapan pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia, yaitu Pelabuhan Tarakan, Bitung, Ternate, Ambon, Merauke, Manokwari, Jayapura dan Sorong.

Kepala Biro Perencanaan dan Strategi Perusahaan Pelindo IV Kusmahadi Setya Jaya mengungkapkan dari total anggaran PMN yang dikucurkan pada akhir 2015 itu, sekitar Rp1,3 triliun akan diserap tahun ini dan sisanya tahun depan.

"Ada peraturan bahwa anggaran PMN harus terserap dalam waktu tiga tahun," kata Kusmahadi dalam siaran pers Pelindo IV, Selasa (26/1/2016).

Dari total Rp1,3 triliun anggaran yang akan diserap tahun ini, sekitar Rp635 miliar digunakan untuk membangun pelabuhan baru di Kendari atau Kendari New Port. Adapun sisanya untuk mengembangkan empat pelabuhan lainnya, yaitu Pelabuhan Tarakan, Ternate, Jayapura dan Manokwari.

Khusus untuk Kendari New Port, jelas Kusmahadi, selain mengandalkan PMN sebesar Rp635 miliar, Pelindo IV juga menyiapkan anggaran dari kas internal sebesar Rp300 miliar.

Menurut dia, rekomendasi masterplan dari pemerintah daerah setempat sudah keluar sehingga pihaknya segera melakukan berbagai persiapan, di antarnya proses pengadaan tanah seluas 5-10 hektare.

Dermaga lapangan peti kemas ditargetkan sudah dibangun pada tahun ini sehingga tahun depan masuk pada proses pengadaan peralatannya, seperti container crane dan lain-lain.

Pelindo IV juga menargetkan Kendari New Port dapat difungsikan mulai awal 2019 dengan total kapasitas dermaga peti kemas yang akan tersedia sebanyak 300.000 TEUs.

Saat ini, kapasitas lapangan peti kemas yang tersedia di pelabuhan lama di Kota Kendari hanya sekitar 100.000 TEUs dengan luas dermaga 2,3 hektare.

Pembangunan Kendari New Port mengikuti rencana pemda yang akan membangun Jembatan Bahteramas, yang akan menghubungkan mulut Teluk Kendari di Kota Lama dengan Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli. (hlz/hlz)


Komentar