Rabu, 20 November 2019 | 16:18 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Shipping
Rabu, 27 Januari 2016 22:44

Pertamina Terima Kapal Tanker dari China

Translog Today
Tanker Pertamina (www.drushipyard.com)

Jakarta - PT Pertamina (Persero) menerima kapal tanker dengan nama MT Sanggau berbobot mati 40.000 dead weight tonnage (DWT) yang akan digunakan untuk memperkuat layanan transportasi minyak mentah di Tanah Air.

Kapal dengan konsep echo-ship yang efisien terhadap bahan bakar dan ramah lingkungan tersebut dibangun oleh Newtimes Shipbuilding Co Ltd di Jinjiang, Provinsi Jiangsu, Tiongkok.

Kapal tersebut dibangun dengan investasi sebesar  US$31 juta atau sekitar Rp 42,78 miliar.  Direncanakan bertolak dari galangan tersebut pada Jumat (29/1) dan diperkirakan mulai beroperasi pada awal Maret 2016.

Dalam rilisnya, Pertamina menyatakan kapal tersebut merupakan kapal milik ke-66 perseroan dari total 273 armada kapal yang dioperasikan Pertamina.

"Kapal ini semula serahterima awal Maret 2016, tetapi dapat direalisasikan lebih cepat," kata Senior Vice President Shipping Direktorat Pemasaran PT Pertamina Mulyono, Rabu (27/1/2016).

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan penambahan kapal ini merupakan implementasi dari Shipping Excellence yang merupakan bagian dari program Marketing and Operation Excellence.

Hal ini juga sejalan dengan lima pilar prioritas strategis Pertamina untuk memperkuat infrastruktur yang dapat mendukung daya saing perusahaan.

"Penambahan kapal tersebut untuk melayani distribusi BBM seluruh Indonesia dengan 111 terminal BBM dan jalur distribusi terkompleks di dunia guna terciptanya keamanan pasokan dan dukungan terhadap daya saing Pertamina di level nasional maupun internasional," katanya. (adm/hlz)


Komentar