Senin, 22 Januari 2018 | 07:39 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Logistik / Freight/Cargo
Kamis, 04 Februari 2016 20:07

Pesawat Kargo Tua Kini Boleh Beroperasi di Indonesia

Translog Today
Pesawat kargo (ilustrasi) (repro)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melonggarkan batas maksimum usia pesawat khusus kargo dari 15 tahun menjadi 25 tahun untuk dioperasikan dan didaftarkan pertama kali di Indonesia. Usia pesawat kargo yang beroperasi di wilayah Indonesia juga dilonggarkan dari 30 tahun menjadi 40 tahun.

Ketentuan baru itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 7/2016 tentang Perubahan Atas Permenhub No. 106/2015 tentang Peremajaan Armada Pesawat Udara Angkutan Udara Niaga yang diundangkan pada 27 Januari 2016.

Menurut Kepala Biro Komunikasi Dan Informasi Publik Kemenhub J.A. Barata, pelonggaran batas usia pesawat kargo (freighter) itu merupakan usulan dari pemangku kepentingan, seperti pemilik barang, operator pesawat, dan asosiasi.

"Masukan juga datang dari daerah yang memerlukan barang tersebut, sehingga perubahan atas pembatasan usia pesawat udara kargo tersebut dirasa perlu," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (4/2/2016).

Berdasarkan kajian Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, sekitar 70% pesawat kargo yang beroperasi di dalam negeri merupakan konversi dari pesawat penumpang. Perubahan fungsi itu biasanya terjadi saat usia pesawat 15-20 tahun.

Penyediaan pesawat kargo menjadi sulit apabila batas usia pesawat yang diperbolehkan pertama kali beroperasi di Indonesia pada 15 tahun. Kemenhub menilai pelonggaran batas usia pesawat itu tidak berpengaruh terhadap faktor keselamatan. (hlz/hlz)


Komentar