Minggu, 21 Oktober 2018 | 19:33 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Logistik / Jasa Ekspres & Pos
Jumat, 12 Februari 2016 13:46

Pos Indonesia dan KAI Kerja Sama Angkutan Logistik

Hery Lazuardi
Penandatanganan MoU Posindo-KAI disaksikan Menteri BUMN (Kemen-BUMN/Pos Indonesia)

JAKARTA -

PT Pos Indonesia (Persero) akan memanfaatkan gerbong milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) di jalur lintas Jawa dan Sumatera untuk angkutan logistik, sebagai bagian dari sinergi kedua BUMN di bidang transportasi dan logistik itu.

Naskah kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahju Setijono dan Dirut KAI Edi Sukmoro, disaksikan langsung Menteri BUMN Rini Soemarno di Gedung Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Kedua BUMN itu akan saling memanfaatkan kelebihan masing-masing sebagai upaya peningkatan kinerja dan pendapatan negara.

Selain dengan KAI, pada saat yang sama PT Pos juga meneken MoU dengan PT Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo), PT Asuransi Jiwasraya, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bhanda Ghara Reksa, PT Garuda Indonesia Tbk, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI), PT LEN, PT Sarinah, dan PT Varuna Tirta Prakasya.

"Jadi ini semua untuk bagaimana kita membuat logistik di indonesia ke depan lebih murah dengan sinergi BUMN. Kita ingin mendorong bagaimana memperbaiki sistem logistik kita sekarang," kata Rini.

Dalam kerja sama PT Pos dan KAI itu, tuturnya, akan dicoba beberapa produk terlebih dahulu yang akan dikembangkan lebih lanjut sehingga mata rantai distribusi dapat dipotong dan biaya distribusi menjadi lebih murah.

Dirut PT Pos menyatakan siap menindaklanjuti program sinergi logistik yang dicanangkan Kementerian BUMN sebab sejalan dengan transformasi bisnis yang menitikberatkan pada sistem Smart Logistical Processing sebagai tulang punggung utama bisnis perseroan. (hlz/hlz)


Komentar