Rabu, 24 Januari 2018 | 02:53 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Trucking
Senin, 07 Maret 2016 15:25

Truk Listrik Mitsubishi Fuso Hemat Biaya Operasi 64%

Hery Lazuardi
(MFTA)

JAKARTA - Mitsubishi Fuso Truck of America (MFTA) mengembangkan truk medium Fuso Canter FE-Series yang seluruhnya digerakkan oleh tenaga listrik (all-electric work truck).

Uji coba penggunaan selama setahun menunjukkan bahwa truk Fuso E-Cell ini dapat menghemat biaya operasi hingga 64% dibandingkan dengan kendaraan setara bertenaga diesel dalam layanan yang sama.

MFTA menampilkan sebuah truk Canter E-Cell di booth-nya dalam NTEA 2016 Work Truck Show di Indianapolis, AS, pekan lalu guna seiring dengan makin besarnya perhatian terhadap truk listrik di Amerika Utara.

Selain truk itu, trukE-Cell kedua akan diperkenalkan pada acara Green Truck Summit Ride-and-Drive dalam pameran tersebut.

Untuk membuktikan nilai sebuah truk listrik, perusahaan induk MFTA melakukan uji coba lapangan menggunakan delapan kendaraan prototipe, dengan beragam flatbed ataupun bentuk bodi.

Manager armada di Eropa diminta mengoperasikan truk E-Cell dalam layanan rutin, sementara insinyur Mitsubishi Fuso memonitor kinerja kendaraan dan datanya dalam setahun penuh.

Analisis data menunjukkan bahwa truk Canter E-Cell rata-rata membutuhkan 76,6 kwh/100 mil (47,6 kwh/100 km), dibandingkan dengan truk Canter berbahan bakar diesel yang rata-rata mengonsumsi 3,72 gallon/100 mil (14,08 liter/100 km).

Penghematan biaya aktual di wilayah tertentu bergantung pada biaya bahan bakar diesel dan tarif listrik di wilayah tersebut. Berdasarkan harga diesel dan biaya listrik di lokasi-lokasi Eropa dimana truk itu dioperasikan, selama periode uji coba, truk E-Cell menghasilkan penghematan biaya 64%.

Bukan hanya penghematan biaya yang luar biasa, kedelapan truk percobaan itu juga sama sekali tidak menghasilkan CO2 atau emisi lainnya, bahkan memangkas 37% emisi CO2 dibandingkan truk bertenaga diesel.

Angka ini diperoleh setelah menghitung emisi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menghasilkan listrik untuk mengisi ulang baterei truk tersebut. (truckingnews) (hlz/hlz)


Komentar