Senin, 18 November 2019 | 20:35 WIB

Visit our social media :
Home / Regulation / Customs
Kamis, 24 Maret 2016 21:51

Bea Cukai Bandung Gagalkan Penyelundupan Marijuana dan Hashish

Translog Today
(DBC/repro)

BANDUNG -

Petugas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Bandung berhasil menggagalkan upaya penyelundupan marijuana dan hashish melalui Bandara Husein Sastranegara.

Penggagalan ini merupakan bentuk dukungan dan kerja sama DJBC dalam operasi Bersinar Lodaya 2016 bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung, Polda Jawa Barat, serta Polrestabes Bandung.

Siaran pers Kementerian Keuangan, Kamis (24/3/2016), menjelaskan penggagalan penyelundupan berawal dari hasil analisis pra-kedatangan dan profil history penerbangan oleh analis intelijen DJBC.

Petugas menemukan bahwa terdapat penerbangan yang masuk kategori Very High Risk, yaitu dari rute Phnom Penh - Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur - Bandung. Pada penerbangan itu, petugas mengamankan seorang warga negara Prancis yang diketahui merupakan pelaku penyelundupan narkotika.

"Penumpang tersebut menampakkan kegelisihan dan tidak fokus ketika diwawancara petugas. Berangkat dari kecurigaan tersebut, kami lakukan pemeriksaan mendalam terhadap badan dan seluruh barang bawaannya. Setelah di-rontgen kami dapatkan citraan benda asing di dalam tubuh, tepatnya di wilayah sternum/dubur," jelas Kepala Kantor DJBC Bandung Onny Yuar Hartantyo, Rabu (23/3/2016).

Pemeriksaan badan dan barang bawaan penumpang menghasilkan sejumlah barang bukti yaitu 10,40 gram marijuana/ganja kering dan 1,20 gram hashish dalam bentuk pasta, yang dikemas dalam bungkusan plastic wrap dan dimasukkan ke dalam dubur.

Sementara itu, 413,53 gram hashish cair dimasukkan ke dalam botol shampoo kemasan 320 ml di dalam koper, dan 0,66 gram hashish dalam bentuk pasta disembunyikan dalam lipatan celana panjang di tas punggung. Pelaku dan barang bukti diserahkan petugas kepada BNN Jabar untuk proses lebih lanjut (hlz/hlz)


Komentar