Kamis, 14 November 2019 | 03:06 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Jumat, 15 April 2016 21:11

DRU Keel Laying Empat Tug Boat Pelindo III

Hery Lazuardi
Acara peletakan lunas kapal tunda Pelindo III di DRU (DRU)

JAKARTA - PT Daya Radar Utama, perusahaan galangan kapal nasional, melakukan peletakan lunas (keel laying) empat dari delapan kapal tunda (tug boat) pesanan PT Pelindo III (Persero), Jum't (15/4/2016).

Acara dipusatkan di area galangan DRU Unit Jakarta, Jl. LRE Martadinata, disaksikan oleh Komisaris Utama Pelindo III Haribowo, Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Rachmat Satria, Direktur SDM dan Umum Toto Heli Yanto.

Adapun dari DRU hadir Direktur Utama Amir Gunawan, Managing Direktur Agus Gunawan, Direktur M. Affandi. dan Direktur Tjahjono Roesdianto.

"Peletakan lunas hari ini akan dicatat sebagai hari dan tanggal kelahiran kapal. Itu artinya, umur kapal akan mulai dihitung sejak keel laying ini," kata Amir Gunawan.

Pelindo III memesan delapan unit tug boat di DRU. Empat di antaranya yakni dua kapal dengan ukuran 2x2.400 HP dan dua unit kapal ukuran 2x1.500 HP. "Empat lainnya akan keel laying pada Agustus 2016," tegasnya.

Kapal ini memiliki standar tinggi dengan desain bertaraf internasional hasil karya Robert Allan dari Kanada yang diperiksa dan disetujui untuk dibangun serta diawasi secara ketat oleh Lloyd Register, bahkan pengawasannya diperketat oleh PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).

Tujuannya adalah untuk menghasilkan produk kapal berkualitas guna menunjang layanan kepelabuhanan yang efisien dan prima sesuai dengan visi dan misi Pelindo III.

Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Rachmat Satria mengaku bangga karena hingga saat ini proses pembangunan masih sesuai dengan jadwal.

"Kami minta DRU benar-benar memperhatikan schedule yang ditetapkan dan keandalan kapal. Sebab kami masih membutuhkan banyak kapal yang bisa dikerjakan galangan nasional, termasuk DRU," ujarnya.

  (hlz/hlz)


Komentar