Rabu, 20 November 2019 | 03:12 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Senin, 16 Mei 2016 10:14

Pelindo I Menang PK Sengketa Lahan di Pelabuhan Belawan

Translog Today
Pelabuhan Belawan

MEDAN - Mahkamah Agung (MA) akhirnya mengabulkan Peninjauan Kembali yang diajukan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melawan M. Hafizham dalam kasus sengketa lahan di Pelabuhan Belawan, Medan.

Lahan sengketa yang dikenal dengan lokasi Tanah Pantai Anjing itu sebelumnya dimenangkan oleh Hafizham di tingkat Pengadilan Negeri Medan.

Putusan PN Medan itu juga membatalkan dan menyatakan tidak sah sertifikat kepemilikan semua lahan Pelindo I di Pelabuhan Belawan seluas 278,15 ha.

Humas Pelindo I M. Eriansyah sebelumnya menjelaskan Pelindo I menguasai tanah tersebut berdasarkan atas hak yang sah dan harus dilindungi oleh Undang-Undang, yaitu sertifikat Hak Pengelolaan No. 1/ Belawan I tanggal 3 Maret 1993 total seluas 278,15 ha, termasuk di dalamnya tanah 10 ha tersebut.

Saat ini, lokasi tanah tersebut digunakan sebagai akses jalan keluar masuk ke dermaga untuk pengangkut dan membongkar barang kebutuhan pokok Sumatera Utara, dan sebagian digunakan sebagai jalur pipa Pertamina untuk konsumsi BBM wilayah Sumatera Bagian Utara. (inaport 1)
(hlz/adm)


Komentar