Rabu, 20 November 2019 | 03:42 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Selasa, 24 Mei 2016 18:12

Proyek Revitalisasi 9 Pelabuhan di KTI Dimulai Kuartal III

Editor

JAKARTA - PT Pelindo IV (Persero) segera merealisasikan proyek revitalisasi sembilan pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) pada triwulan III/2016, menggunakan anggaran penyertaan modal negara (PMN) untuk tahun ini sebesar Rp372 miliar.

Project Manager Officer PMN PT Pelindo IV Zulkifli Dachlan Saleh mengatakan pihaknya sedang melakukan proses lelang untuk semua proyek revitalisasi pelabuhan yang akan menggunakan anggaran PMN tersebut.

"Mudah-mudahan proses lelangnya cepat selesai, sehingga pengerjaan proyek untuk tahun ini bisa dimulai pada triwulan III/2016. Rencana realisasi anggaran PMN sebesar Rp372 miliar dan pekerjaan diselesaikan secara multiyears hingga 2018," katanya, Selasa (24/5/2016).

Pada akhir tahun lalu, BUMN yang mengelola pelabuhan-pelabuhan di KTI ini mendapat kucuran PMN sebesar Rp2 triliun, yang akan digunakan untuk mengerjakan sembilan proyek pelabuhan di KTI.

Proyek itu yakni membangun satu pelabuhan baru di Kendari dan mengembangkan delapan pelabuhan lainnya, yaitu Pelabuhan Tarakan, Bitung, Ternate, Ambon, Merauke, Manokwari, Jayapura dan Pelabuhan Sorong secara tahun jamak hingga 2018.

Pelindo IV sebelumnya berencana menyerap anggaran PMN sebesar Rp1,3 triliun pada tahun ini untuk membangun satu pelabuhan baru di Kendari dan mengembangkan empat pelabuhan lainnya.

Namun, hingga akhir triwulan II/2016 perseroan belum melakukan penyerapan anggaran PMN karena masih mempersiapkan berbagai dokumen dan melakukan proses lelang.

"Karena proses pengerjaan semua proyek baru akan dimulai pada triwulan III/2016, maka penyerapan anggaran PMN tahun ini baru Rp372 miliar dari rencana Rp1,3 triliun. Makanya, rencana anggaran untuk tahun ini akan kami revisi kembali," jelas Zulkifli.

Rencananya, dari rencana anggaran Rp1,3 triliun yang akan diserap tahun ini, sekitar Rp635 miliar digunakan untuk membangun pelabuhan baru di Kendari atau Kendari New Port (KNP).

Selain mengandalkan PMN, Pelindo III juga menyiapkan anggaran dari kas perusahaan sebesar Rp300 miliar untuk membangun KNP.

"Khusus KNP, tahun ini dermaga lapangan peti kemas harus sudah dibangun sehingga tahun depan masuk proses pengadaan alat-alatnya, seperti container crane dan sebagainya." (hlz/hlz)


Komentar