Jumat, 15 Desember 2017 | 03:41 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Lepas Pantai
Rabu, 25 Mei 2016 19:40

Pertamina Resmi Kuasai Blok East Ambalat

Translog Today
(repro)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui afiliasinya PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Ambalat Timur hari ini (25/6/2016) secara resmi mendapat kepercayaan mengelola Blok East Ambalat dari pemerintah.

PHE Ambalat Timur yang merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina Hulu Energi, bertindak selaku operator dengan participating Interest 100% pada Blok tersebut.

Production Sharing Contract (PSC) Blok East Ambalat akan berlaku selama 30 tahun dengan komitmen pasti pada tiga tahun pertama sebesar US$8,5 juta.

Blok East Ambalat terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia dan secara geologi berada di Cekungan Tarakan, perairan laut dalam Kalimantan Utara.

Jaraknya sekitar 80 km di sebelah Timur Kota Tarakan dengan kedalaman air laut berkisar 2,000 m dan mencakup area seluas 4.735 km2. Blok East Ambalat terletak sekitar 100 km ke Bunyu Production Facilities.

Pengembangan bisnis hulu merupakan salah satu dari 5 pilar prioritas strategis Pertamina untuk mencapai visi sebagai perusahaan energi nasional kelas dunia pada 2025.

Dengan semangat aggressive upstream, profitable downstream Pertamina terus berupaya meningkatkan kontribusinya sebagai NOC dari posisi saat ini yang masih sekitar 26% terhadap total produksi nasional.

"Penguasaan Blok East Ambalat juga memiliki arti strategis bagi Pertamina dalam upaya mengembangkan aktivitas eksplorasi aset domestik, khususnya di area deep water dan frontier," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro dalam siaran pers. (hlz/hlz)


Komentar