Senin, 10 Desember 2018 | 08:34 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Maritim
Rabu, 29 Juni 2016 16:32

Satgas 115 Sudah Tenggelamkan 176 Kapal Ikan Ilegal, Jokowi: Jangan Berhenti!

Editor
Kapal ikan ilegal dibom Satgas 115 (repro)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mendukung aksi penenggelaman kapal asing oleh Satuan Tugas (Satgas) 115 Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal pimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Presiden mengaku dibisiki Menteri Susi bahwa Satgas 115 sudah menenggelamkan 176 kapal ikan ilegal.

"Angka yang sangat besar karena memang illegal fishing yang lalu lalang di perairan kita bertahun-tahun tidak pernah dijamah oleh hukum," kata Presiden saat memberikan pengarahan kepada peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satgas 115 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Menurut dia, sebelumnya paling sedikit 7.000 kapal setiap hari lalu lalang untuk menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia, yang tidak bisa ditangani karena belum ada kekompakan antar aparat dan kesatuan.

Saat ini, Presiden menilai sudah ada kekompakan dan kerja sama yang baik di lapangan dalam memberantas illegal fishing. "Jika kompak, terkonsolidasi, terorganisasi, orang melihat kita ngeri karena ada kesatuan itu," tutur Presiden.

Dia meminta tindakan Satgas 115 itu tidak boleh berhenti. "Konsistensi ini perlu sekali, agar mereka melihat bahwa kita sangat serius menangani illegal fishing," ujarnya.

Presiden menegaskan, dirinya tidak ingin lagi mendengar ada lembaga/oknum aparat yang menjadi backing illegal fishing. Dia juga meminta masyarakat diedukasi untuk tidak mau berkolaborasi dengan pelaku illegal fishing. (setkab)
(hlz/hlz)


Komentar