Kamis, 14 November 2019 | 03:38 WIB

Visit our social media :
Home / Regulation / Customs
Senin, 15 Agustus 2016 22:11

Bea Cukai Migrasi Modul Impor, Pangkas Dwelling Time

Translog Today
(Kemenperin)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menerbitkan Peraturan Dirjen BC nomor PER-20/BC/2016 tentang Perubahan Ketiga atas Perdirjen BC Nomor P-22/BC/2009.

Peraturan ini menaungi pembaharuan modul Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan perubahan software komunikasi data pengguna jasa dan sistem yang dimiliki DJBC. Dengan migrasi modul, dwelling time diharapkan dapat dipangkas.

Dengan pembaruan ini, proses pemeriksaan fisik barang dan proses pengajuan PIB menjadi lebih cepat, serta pembayaran dalam rangka voluntary declaration pun dapat terakomodasi.

Selain itu, khusus untuk importasi jalur hijau, importir tidak perlu menyerahkan dokumen pelengkap pabean. Modul PIB dan software komunikasi baru tersebut telah dipublikasikan sejak 4 Agustus 2016.

Untuk memantapkan pelaksanaan migrasi modul impor ini, DJBC akan kembali menyosialisasikannya pada 18 Agustus 2016.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Robert Leonard Marbun, menjelaskan guna mempermudah proses update modul PIB tersebut, importir/ PPJK dapat melakukannya secara mandiri berdasarkan petunjuk instalasi di website DJBC dan PT EDI.

DJBC juga telah menyiapkan petugas khusus di Kantor DJBC Tanjung Priok atau layanan contact center Bravo Bea Cukai di nomor 1500225.
(hlz/hlz)


Komentar