Kamis, 23 November 2017 | 16:07 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Korporasi / Info Usaha
Rabu, 07 September 2016 09:55

Pertamina Segera Proses Pengadaan RDMP RU V Balikpapan US$1 Miliar

Translog Today

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) segera melakukan proses pengadaan Long Lead Item (LLI) untuk Proyek Refinery Development Master Plan RU V Balikpapan.

Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan Pertamina terus bergerak cepat untuk merealisasikan RDMP RU V Balikpapan.

Saat ini, Pertamina tengah menyelesaikan daftar barang berkategori LLI, atau barang dengan proses pembuatan dan pengiriman yang lama, yang segera ditenderkan.

"Perkiraan kami, sekitar US$1 miliar barang berkategori LLI akan dilaksanakan proses pengadaannya oleh Pertamina. Pengadaan oleh Pertamina ini sekaligus merupakan tahapan konkret kami untuk percepatan proyek," katanya dalam siaran pers Pertamina, Selasa (6/9).

Proses pengadaan tersebut, katanya, akan dimulai pada Oktober 2016 dan akan tuntas pada Q1 2017. "Pengadaan ini dalam proses yang terpisah dengan paket EPC yang nanti akan dikerjakan oleh kontraktor EPC. Dengan demikian, selain dapat dilakukan percepatan proses, pengadaan oleh Pertamina untuk memastikan proyek dapat berjalan secara efisien."

Terkait dengan target penyelesaian proyek kilang, Rachmad Hardadi juga mengatakan proses konstruksi akan dimulai pada awal 2017.

Adapun, mechanical completion dan commissioning RDMP RU V Balikpapan ditargetkan pada Juli 2019, dengan demikian diharapkan proyek ini akan dapat dioperasikan mulai September 2019.

"Untuk itu, kami akan melakukan final investment decision RDMP RU V Balikpapan pada awal Juli 2017 yang segera diikuti dengan konstruksi fisik," jelasnya. (hlz/hlz)


Komentar