Selasa, 19 November 2019 | 02:17 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Jumat, 07 Oktober 2016 06:30

Buntut Kasus Dwelling Time, Buruh Bongkar Muat di Belawan Ancam Mogok

Translog Today

MEDAN - Buruh bongkar muat di Pelabuhan Belawan mengancam mogok mulai hari ini, Jumat (7/10), hingga waktu yang belum ditentukan, menyusul penggeledahan kantor Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Sumatera Utara terkait dengan kasus pemerasan dwelling time.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut Laksamana Adiyaksa meminta penyelidikan kasus dwelling time atau waktu bongkar muat di pelabuhan itu tidak mengganggu layanan di Belawan.

"Apindo memahami protes pekerja bongkar muat, menyusul langkah aparat kepolisian ke kantor APBMI terkait kasus dwelling time, tetapi masalah ini jangan sampai mengganggu aktivitas di Belawan," katanya, Kamis (6/10).

Apindo sendiri, tutur Laksamana, mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo dan langkah Polda Sumut menangani kasus dwelling time di Belawan. "Polisi perlu mengungkap pemain kakap di Belawan yang menyebabkan dwelling time lama," ujarnya.

Menurut dia, pekerja bongkar muat ataupun asosiasinya tidak mungkin bisa mempengaruhi dwelling time tanpa izin atau sepengetahuan penguasa pelabuhan..

"Agar kasus ini tuntas dan tidak merugikan banyak pihak. Tenaga kerja bongkar muat dan asosianya diminta berani menyampaikan semua praktik tidak sehat yang terjadi di Belawan kepada kepolisian," ujarnya.

Dia berharap penuntasan kasus dwelling time di Belawan bisa menekan biaya kepelabuhanan yang selama ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ataupun Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. (hlz/hlz)


Komentar