Senin, 18 November 2019 | 20:35 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Senin, 24 Oktober 2016 16:18

BUMN Konstruksi Menang Lelang Proyek Kendari New Port

Translog Today

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah menetapkan pemenang tender untuk pembangunan dermaga dan trestle proyek Kendari New Port di Sulawesi Tenggara.

GM Pelindo IV Cabang Kendari Suparman mengungkapkan pemenang tender tersebut adalah BUMN jasa konstruksi, tanpa menyebutkan nama perusahaan tersebut.

"Pemenangnya sudah ditetapkan untuk pengerjaan dermaga dan trestle," katanya, Senin (24/10).

Untuk reklamasi lahan, Pelindo IV baru menyelesaikan proses lelang atau Aanwijzing dan peninjauan lapangan.

Menurut Suparman, jika Kendari New Port rampung, total kapasitas dermaga petikemas yang tersedia akan mencapai 300.000 TEUs.

Saat ini kapasitas lapangan petikemas yang tersedia di pelabuhan lama di Kota Kendari hanya sekitar 100.000 TEUs dengan luas dermaga 2,3 hektare.

Perseroan menargetkan dermaga petikemas harus sudah dibangun tahun ini, sehingga tahun depan masuk pada proses pengadaan alat, seperti container crane dan lain sebagainya.

"Semoga pembangunan Kendari New Port bisa selesai pada akhir 2018, sehingga awal 2019 sudah dapat beroperasi, menggantikan fungsi Pelabuhan Kendari saat ini," ujarnya.

Untuk proyel Kendari New Port, selain mengandalkan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp635 miliar, Pelindo IV juga menyiapkan anggaran dari kas internal Rp300 miliar.

Pembangunan Kendari New Port menyusul pembangunan Jembatan Bahteramas oleh pemda setempat. Pasalnya, jembatan tersebut akan menghalangi kapal-kapal yang akan masuk ke Pelabuhan Kendari.

"Oleh sebab itu, kami [Pelindo IV] berinisiatif membangun Kendari New Port dan masuk dalam rencana pembangunan proyek melalui PMN tahun ini," kata Suparman. (hlz/hlz)


Komentar