Senin, 18 November 2019 | 10:41 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Senin, 14 November 2016 16:09

DRU Luncurkan Kapal Ferry Penyeberangan 500 GT

Translog Today
KMP Lompa Jelang Diluncurkan (DRU)

JAKARTA - PT Daya Radar Utama meluncurkan kapal Ferry Roro Penyeberangan 500 Gross Tonnage pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, di galangan Unit Lampung, Rabu (9/11).

Kapal Ferry Roro Penyeberangan dengan nama KM Lompa dan Nomor Pembangunan 376 nantinya akan dioperasikan untuk lintas penyeberangan perintas yakni rute Babang-Saketa, Maluku Utara.

Hadir dalam peluncuran Gubernur Maluku Utara Kiyai Haji Abdul Ghani Kasuba, Kasubdit Sarana Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Endi Suprasetio dan Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Ferry Roro Penumpang Bapak Wahyudi.

Humas DRU Tularji Adji mengatakan pada tahun anggaran 2015-2016, DRU memperoleh kepercayaan membangun dua unit kapal Ferry Roro Penumpang 500 GT dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Kedua kapal tersebut dibangun di galangan unit Lampung dan Unit Jakarta masing-masing 1 unit. "Rabu pecan lalu sudah diluncurkan satu unit dan satu lagi segera menyusul dalam waktu dekat," katanya kepada www.translogtoday.com .

Dia menjelaskan sebelum sampai kepada proses peluncuran, terlebih dahulu telah dilaksanakan first steel cutting dan keel laying. "Sejauh ini, proses pembangunan berjalan dengan lancar," ujarnya.

Kapal Ferry Roro Penumpang ini memiliki spesifikasi panjang 45,50 meter, lebar 12 meter dan tinggi 3,20 meter serta draft 2,15 meter. Kapal ini dirancang dapat melaju dengan kecepatan 12 knots.

KMP LOMPA dibangun dengan menggunakan klass nasional PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero). Lama pembangunan adalah 14 bulan dan akan dioperasikan pada lintas penyeberangan Babang-Saketa, Maluku Utara. (hlz/hlz)


Komentar