Senin, 18 November 2019 | 11:04 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Senin, 14 November 2016 22:34

Pelindo IV Kejar Pendapatan Rp2,4 Triliun Tahun Ini

Translog Today

MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) optimistis bisa meraup pendapatan Rp2,4 triliun sampai dengan akhir tahun ini.

Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto mengatakan pencapaian tersebut meningkat sekitar 14% dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu Rp2,1 triliun.

"Semua itu bersumber dari layanan kapal dan petikemas," ungkapnya dalam jumpa pers di Makassar, Senin (14/11).

Meskipun secara total kinerja keuangan Pelindo IV tahun lalu meningkat, dia menyebutkan kinerja keuangan perseroan pada triwulan III tahun ini menurun akibat terkoreksi pada layanan kapal.

"Tahun lalu, (Pelindo IV) masih menikmati pendapatan dari pelayanan kapal. Sekarang, tidak ada lagi pendapatan dari labuh, semua telah diambil alih oleh Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Sebelumnya, jelas Budi, sekitar 30% dari total pendapatan berasal dari petikemas, 30% pelayanan kapal dan selebihnya pendapatan lain-lain. Sekarang, layanan kapal hanya bisa menyerap 19% dari keseluruhan pendapatan perseroan.

Untuk terus meningkatkan pendapatan, Pelindo IV akan menggali sumber pendapatan baru dari pelayanan kapal, yaitu menjalon kerja sama dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk menyediakan layanan pandu kapal di pelabuhan-pelabuhan milik pemerintah.

Di Sulawesi Selatan, misalnya di Pelabuhan Garongkong, Takalar. "Kami secepatnya akan menyiapkan sumber daya manusia atau tenaga pandu yang mumpuni untuk kelancaran kerja sama tersebut," tutur Budi. (hlz/hlz)


Komentar