Kamis, 14 November 2019 | 02:58 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Airport
Kamis, 17 November 2016 10:22

Swasta Diajak Kerja Sama Kelola Bandara Kualanamu dan Hasanuddin

Hery Lazuardi

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menawarkan dua bandara untuk dikerjasamakan antara PT Angkasa Pura (AP) dan pihak swasta, yaitu Bandara Kualanamu dan Bandara Hasanuddin Makassar.

"Masing-masing AP I dan AP II satu bandara, yaitu Bandara Hasanuddin dan Bandara Kualanamu," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo di sela-sela Rapat Kerja Kemenhub 2016 di Jakarta, Rabu (16/11).

Dia menilai kedua bandara tersebut sudah siap, baik dari sisi keuangan perusahaan maupun daya tarik bagi investor.

Adapun skema yang akan ditawarkan, yaitu kerja sama operasi dan manajemen serta tidak tertutup kemungkinan dibuka kepada perusahaan asing.

"Di dalam atau di luar negeri sama saja, komposisinya sesuai dengan Undang-Undang, 51% lokal dan 49% swasta atau asing. Saya pikir sama saja skemanya seperti yang ditawarkan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, yaitu limited concession scheme," jelasnya.

Adapun bandara yang masih dikelola oleh Kemenhub akan diubah dahulu menjadi Badan Layanan Umum (BLU), sebelum dikerjasamakan dengan AP I dan AP II.

Saat ini, menurut Suprasetyo, ada lima bandara yang diusulkan untuk dikerjasamakan dengan AP I dan AP II, di antaranya Samarinda Baru, Hananjoedin-Tanjung Pandan, Kalimarau-Berau, Radin Inten II-Lampung dan Juwata-Tarakan.

"Terkait slot dan rute itu tidak terpengaruh karena masih dipegang oleh Kemenhub, karena ini hanya untuk operasi terminalnya saja," katanya. (hlz/adm)


Komentar