Rabu, 20 November 2019 | 16:12 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Jumat, 18 November 2016 19:31

ASDP Indonesia Ferry Segera Bangun Dermaga VII Merak-Bakauheni

Translog Today
(repro)

MERAK - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry akan membangun Dermaga VII guna meningkatkan pelayanan angkutan penyeberangan Merak-Bakauheni.

Pelaksana Tugas Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi mengungkapkan pembangunan Dermaga VII yang menggunakan dana APBN Rp250 miliar itu ditargetkan rampung pada 2017.

Saat ini, tuturnya, proyek dermaga tersebut masih dalam tahap pelelangan kepada pihak ketiga. "Kami berharap secepatnya bisa ditenderkan dan bisa dikerjakan oleh pihak ketiga itu," katanya, Jumat (18/11).

Dia mengatakan Dermaga VII untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa penyeberangan Merak-Bakauheni.

Saat ini, Pelabuhan Merak memiliki enam dermaga dengan kapasitas yang mulai terbatas seiring dengan meningkatnya arus kendaraan dan orang, sehingga membutuhkan penambahan dermaga.

Tujuh dermaga itu diharapkan mampu menampung ribuan kendaraan sehingga arus penyeberangan Merak-Bakauheni lebih lancar tanpa antrean panjang.

"Kami optimistis tujuh dermaga itu bisa mengatasi kemacetan dan kepadatan di Pelabuhan Merak," kata Faik.

Direktur Usaha Penyeberangan ASDP Indonesia Ferry La Mane mengatakan Dermaga VII juga untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan seiring dengan pengoperasian jalan Tol Trans Sumatera.

"Pembangunan Dermaga VII diharapkan memperlancar akses lalu lintas dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya, terutama menjelang Lebaran," katanya. (hlz/hlz)


Komentar