Rabu, 20 November 2019 | 16:27 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Kamis, 24 November 2016 14:09

Daya Radar Utama Luncurkan 2 Kapal Roro Pesanan Kemenhub

Translog Today
Humas DRU Tularji Adji

JAKARTA - Selama November 2016, PT Daya Radar Utama (DRU) telah meluncurkan dua unit kapal ferry roro penyeberangan 500 Gross Tonnage pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Kedua kapal tersebut rencananya diserahkan kepada pemesan pada Desember tahun ini juga. "Kami bersyukur, kedua kapal pesanan pemerintah itu sudah dapat kami luncurkan. Sejauh ini, pembangunan berjalan dengan baik," kata Humas DRU Tularji Adji, Kamis (24/11).

Kedua kapal yang diberinama KMP Lelemuku dan KMP Lompa. Kedua kapal tersebut akan dioperasikan pada lintas penyeberangan di kawasan Timur Indonesia, khususnya di Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku.

KMP Lelemuku nantinya dioperasikan pada lintas penyeberangan Saumkali--Adau-Letwurung, Provinsi Maluku, sedangkan KMP Lompa akan beroperasi pada lintas penyeberangan Babang Sakete, Provinsi Maluku Utara.

Kedua kapal ferry roro penumpang ini memiliki spesifikasi panjang 45,50 meter, lebar 12 meter dan tinggi 3,20 meter serta draft 2,15 meter. Kapal ini dirancang dapat melaju dengan kecepatan 12 knots.

Untuk diketahui, pada tahun anggaran 2015 dan 2016, DRU memperoleh kepercayaan untuk membangun dua unit kapal ferry roro penumpang 500 GT.

Kedua kapal ini merupakan bagian dari paket pembangunan enam unit kapal ferry roro yang dibangun di sejumlah galangan dalam negeri dengan total nilai proyek Rp170 miliar..

Sejumlah galangan kapal nasional yang memperoleh  kepercayaan membangun kapal ferry roro di dalam paket tersebut yakni PT Sarana Samudera Pacific (SSP), PT Adiluhung Saranasegara Indonesia (ASSI), PT Dok Bahari Nusantara (DBN), dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero). (hlz/hlz)


Komentar