Kamis, 14 November 2019 | 02:38 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Senin, 05 Desember 2016 15:28

Pertamina Bangga dengan Peluncuran MT Panderman

Translog Today
Pelucuran MT Panderman (Istimewa)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengaku bangga, satu dari delapan unit kapal tanker dengan bobot mati 17.500 LTDW yang dipesan pada galangan kapal di Indonesia akhirnya sudah dapat diluncurkan.

Kapal tersebut adalah MT Panderman yang dibangun pada galangan PT Daya Radar Utama (DRU). Kapal tersebut diluncurkan pada Jumat (2/12) di galangan milik DRU unit Lamongan, Jawa Timur.

Kapal tanker dengan nama MT Panderman tersebut merupakan satu dari tiga unit kapal sejenis (sister ship) yang dibangun di galangan DRU. Dua lainnya sedang dalam tahap pengerjaan sehingga diharapkan juga segera diluncurkan.

Ukuran utama kapal adalah panjang 157,50 meter, lebar 27,70 meter dan tinggi 12 meter. Pengerjaan pembangunan satu kapal ini menyerap ratusan tenaga kerja putera-puteri Indonesia secara langsung dan memiliki multiplier effect ke sektor lainnya.

Senior Vice President Shipping Pertamina Mulyono mengakui kualitas produk kapal yang dibangun galangan nasional tidak kalah dengan luar negeri seperti Jepang, Korea Selatan dan China. "Kami tahu persis kualitasnya. Yang masih kalah hanya mundurnya saja," katanya.

Dia menegaskan peluncuran kapal ini adalah sesuatu yang luar biasa karena ini menandai besarnya pengorbanan Pertamina terhadap bangsa ini, apalagi ini adalah satu dari delapan kapal sejenis yang dipesan Pertamina kepada galangan swasta dalam negeri.

"Ada delapan kapal yang sama persis yang kami bangun pada galangan dalam negeri. Ini adalah kapal tanker terbesar pertama  Pertamina yang dibangun oleh galangan swasta nasional. Dan ternyata bisa, ini luar biasa," tegasnya.

Untuk diketahui, Pertamina  bersama para mitra dalam negerinya saat ini dalam proses penuntasan delapan proyek kapal tanker tipe GP dengan bobot mati 17.500 DWT bernilai total sekitar US$200 juta.

Kedelapan proyek tersebut meliputi MT Parigi dan MT Pattimura oleh PT Angrek Hitam Shipyard, MT Panderman, MT Papandayan, dan MT Putri oleh PT Daya Radar Utama, serta MT Pasaman, MT Panjang, dan MT Pangrango oleh PT Multi Ocean Shipyard. (hlz/hlz)


Komentar