Kamis, 14 November 2019 | 03:25 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Minggu, 11 Desember 2016 11:16

Jepang Gusur Korsel sebagai Galangan Kapal Terbesar Dunia

Translog Today
(bumn.go.id)

JAKARTA - Jepang bakal menggusur posisi Korea Selatan sebagai galangan kapal terbesar dunia, setelah memperkecil selisih backlog pesanan dan pangsa pasar.

Menurut laporan Clarksons Research, seperti dikutip MarineLink, galangan Korsel dan Jepang masing-masing mencatat backlog sebesar 20,46 juta CGT dan 20,06 juta CGT pada awal bulan ini.

Para pakar industri meyakini Jepang bakal menggeser posisi Korsel dalam beberapa bulan ke depan jika resesi di industri galangan kapal terus berlanjut.

Galangan Korea menderita kerugian operasi jutaan triliun won dalam beberapa tahun terakhir akibat merosotnya kinerja industri disertai dengan kelesuan permintaan.

Tiga galangan terbesar Korea, yakni Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Hyundai Heavy Industries Co Ltd. (HHI), dan Samsung Heavy Industries (SHI)-semua mencatat kerugian pada 2015, dan diperkirakan berlanjut pada 2016.

Industri galangan Korsel menanjak ke posisi puncak dunia pada Januari 2000 mengalahkan Jepang. Jarak antara keduanya semakin lebar hingga 2008, bahkan Jepang disalip oleh China.

Setelah krisis keuangan pada 2008, ketiga negara itu terpukul oleh penurunan backlog dan China mengalahkan Korsel dan Jepang. Kini, posisi Korsel bakal kembali digeser oleh Jepang.

Kondisi ini bisa jadi menunjukkan fakta bahwa galangan Korsel lebih banyak membangun kapal-kapal lebih besar. Meskipun selisihnya hanya 400.000 CGT, galangan Korsel tinggal mengirim 483 kapal, sementara Jepang harus mengirim 833 kapal.

Porsi terbesar backlog galangan Jepang adalah kapal curah, yang relatif lebih mudah dibangun, sedangkan perusahaan Korsel kebanyakan mengerjakan kapal kontainer yang noabene lebih menguntungkan dan berteknologi lebih tinggi. (hlz/hlz)


Komentar