Minggu, 21 Juli 2019 | 09:48 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Kereta Api
Sabtu, 17 Desember 2016 07:57

Kuala Lumpur Operasikan MRT Tahap Pertama

Translog Today

KUALA LUMPUR - Malaysia secara resmi mengoperasikan mass rapid transport (MRT) di Kuala Lumpur, melengkapi angkutan umum yang sudah ada seperti light rapid transport (LRT), kereta komuter, kereta ekspres dan kereta monorel.

Pada masa uji coba mulai 16 Desember 2016 hingga 12 Januari 2017, Pemerintah Malaysia menggratiskan layanan MRT dan bus perantara kepada masyarakat umum di sekitar stasiun yang dilalui.

Layanan MRT tahap pertama dari Sungai Buloh ke Kajang itu membentang sepanjang 23 kilometer dan beroperasi pukul 06.00 waktu setempat setiap hari.

Proyek itu dibangun selama 5 tahun dengan invetasi RM 21 miliar, lebih rendah RM 2 miliar dari rencana semula.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak menyebut layanan MRT tersebut sebagai hadiah bagi rakyat Malaysia menjelang tahun baru 2017.

Najib juga mengatakan proyek tersebut menjadi saksi kemampuan perusahaan dalam negeri Malaysia dalam mengikuti tender secara terbuka.

Fase pertama MRT jurusan Sungai Buloh-Kajang melalui 12 stasiun dari Sungai Buloh ke Semantan sedangkan fase kedua Semantan-Kajang mulai siap Juli 2017.

"Proyek ini akan menempatkan Malaysia selangkah lagi menjadikan sebuah negara maju, lengkap dengan jaringan angkutan umum moderen dan efisien," katanya.

Malaysia dan Singapura sebelumnya juga telah menandatangani kerja sama pembangunan kereta cepat (high speed rail/HSR) yang bisa menghubungkan Kuala Lumpur dan Singapura hanya dalam waktu 90 menit. (hlz/hlz)


Komentar