Selasa, 23 Januari 2018 | 06:43 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Teknologi
Minggu, 18 Desember 2016 21:25

Pemkot Makassar Kembangkan Angkot Pintar Smart Pete-pete

Translog Today

MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar akan mengembangkan prototipe angkutan kota (angkot) pintar Smart Pete-pete sebagai sarana transportasi massal masa depan di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan itu.

"Ini adalah salah satu solusi transportasi dengan tingkat kemacetan yang sudah cukup tinggi, memang dibutuhkan sarana angkutan umum yang aman, nyaman, moderen dan murah," kata

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan Smart Pete-pete diharapkan menjadi salah satu solusi transportasi di Makassar yang memiliki tingkat kemacetan cukup tinggi.

"Seperti kota-kota besar lainnya, Makassar membutuhkan sarana angkutan umum yang aman, nyaman, modern dan murah. Smart Pete-pete menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah itu," katanya, Minggu (18/12).

Sejak diluncurkan oleh Pemkot Makassar pada 12 Desember 2016, Smart Pete-pete menarik perhatian luas masyarakat di kota itu. Beberapa camat bahkan berebut untuk menghadirkan angkot pintar ini untuk disosialisasikan kepada masyarakatnya.

Kantor Wali kota melalui Dinas Perhubungan juga telah mensosialisasikan kendaraan itu di sejumlah kampus dan kalangan akademisi untuk melihat respons masyarakat.

Smart Pete-pete diklaim ramah lingkungan karena memanfaatkan energi surya, di samping bahan bakar minyak jenis premium sebagai sumber energinya.

Kendaraan tersebut didesain mengangkut 16 penumpang yang dapat duduk ataupun berdiri, serta dilengkapi dengan fasilitas wifi dan AC untuk kenyamanan penumpang. (hlz/hlz)


Komentar