Selasa, 24 September 2019 | 00:22 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Kereta Api
Senin, 19 Desember 2016 19:48

PT KAI Luncurkan Kartu RailPay dan Bangun Rusun di Kawasan Stasiun KRL

Translog Today

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggandeng tiga bank BUMN meluncurkan produk Kartu RailPay, serta bekerja sama dengan Perum Perumnas membangun rumah susun di kawasan stasiun KRL .

Menteri BUMN Rini Soemarno, yang hadir pada acara peluncuran dan penandatanganan kesepakatan (MoU) kerja sama tersebut pada Senin (19/12), mengapresiasi langkah KAI meluncurkan Kartu RailPay dan pembangunan kawasan hunian di sekitar stasiun.

Dia berharap produk kartu yang dikeluarkan bekerja sama dengan Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI tersebut semakin mendorong produksi kartu non-tunai.

"Saya bangga dan mengapresiasi langkah KAI meluncurkan Kartu RailPay ini karena mampu mendukung program pemerintah melalui program transaksi non-tunai yang penggunaannya lebih aman dan bisa mendorong percepatan pembangunan ekonomi," katanya seusai peluncuran RailPay dan pendatanganan MoU KAI bersama Perum Perumnas di Stasiun Juanda Jakarta.

Menurut Rini, penggunaan kartu dengan pembayaran non tunai terus digalakkan terutama dilakukan oleh bank-bank BUMN.

Selain itu, pihaknya terus mendorong produksi kartu non tunai baik melalui Bank BNI, BRI dan Bank BUMN lainnya. "Termasuk memfasilitasi bersama Bank Indonesia supaya membentuk link mesin ATM. Nantinya satu mesin ATM bisa dimanfaatkan oleh empat Bank BUMN," ujarnya.

Rini menyebutkan kerja sama KAI dan Perum Perumnas diharapkan mampu menyediakan hunian vertikal di area stasiun KRL yang dioperasikan KAI sehingga memudahkan mobilitas warga, sekaligus penumpang dari area stasiun ke kawasan hunian vertikal.

"Saya juga mendorong sinergi KAI dengan Perumnas. Karena dengan rencana pembangunan hunian di area stasiun akan memudahkan mobilisasi penumpang, sehingga tidak perlu parkir motor dan mobil, jadi tidak ribet," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan kartu RailPay merupakan electronic money atau uang elektronik dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh KAI untuk pelanggan yang mencakup membership dan loyalty program.

"Artinya, cukup dalam satu kartu tersebut, pelanggan akan dimanjakan dengan berbagai macam transaksi, dan identitas member KAI, RailPay dapat digunakan sebagai Tiket Transportasi Antar Moda (Titam), yaitu pembelian tiket KA jarak jauh yang dilanjutkan dengan pembelian tiket pesawat, pembelian tiket kapal laut, maupun pembelian tiket bus Damri," jelas dia.

Adapun, untuk perjanjian kesepakatan pembangunan rumah susun di kawasan stasiun KRL, kata Edi meliputi tiga stasiun diantaranya, Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Pondok Cina serta Stasiun Bogor.

Dia menambahkan bahwa kemudahan dari pengunaan Kartu RailPay dan pembangunan hunian dilakukan dalam rangka melihat peluang yang ada dengan mensinergikan BUMN, yakni BUMN perbankan dan BUMN Perumahan.

Sebagai informasi, proyek rumah susun di area stasiun KRL tersebut akan menyediakan sekitar 5.000 hunian baru dengan nilai investasi mencapai Rp2 triliun dan direncanakan ground breaking pada Kuartal I 2017. (ios/icha) (hlz/hlz)


Komentar